Jawa TengahPendidikan

Ketua Kwarcab Kota Tegal Lepas Kontingen Jambore Nasional XI yang Akan Berangkat ke Cibubur

BeritaNasional.ID, Tegal – Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tegal melepas kontingen Pramuka Penggalang untuk mengikuti Jambore Nasional XI Tahun 2022 yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur, pada 11 – 22 Agustus 2022.

Acara pelepasan kontingen dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Kota Tegal Kak M Jumadi, ST.,MM yang dihadiri oleh jajaran pengurus Kwarcab Kota Tegal, pembina pendamping perwakilan sekolah serta orang tua peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022, Selasa (9/8/2022).

Sejumlah 16 Pramuka Penggalang terdiri dari 8 Pramuka Putra dan 8 Pramuka Putri yang mewakili Kwarcab Kota Tegal akan mengikuti Jambore Nasional XI Tahun 2022.

Pada Jambore Nasional XI kali ini, tema yang diambil yaitu “Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi”.

Dalam sambutannya, Kak Jumadi menyampaikan bahwa para peserta dari kontingen Kwarcab Kota Tegal merupakan adik-adik Penggalang yang terpilih dan terlatih.

“Buat Bapak Ibu yang anak-anaknya terpilih tentu saja merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. Semua ini bukan hal yang mudah untuk bisa menjadikan anak-anak panjenengan bisa mengikuti Jambore Nasional,” ucap Kak Jumadi.

Ditambahkan, di pundak adik-adik yang terpilih tentu saja ada harapan besar buat Kota Tegal agar bisa menjaga nama baik dan juga bisa memberikan efek positif bahwa Pramuka Kota Tegal itu luar biasa.

“Yang pertama tentu saja adalah ini momentum buat adik-adik bisa berkumpul dengan Pramuka Indonesia. Tunjukkan kepada mereka bahwa adik-adik memang Pramuka Penggalang terpilih yang mewakili Kota Tegal. Silakan manfaatkan momentum Ini untuk bersilaturahim dengan semua Pramuka di Indonesia,” terangnya.

Kak Jumadi berpesan agar adik-adik peserta Jambore Nasional XI meminta restu dari kedua orang tua, sehingga semua dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama.

“Kepada adik-adik selama beberapa minggu beberapa tempat telah berlatih, mudah-mudahan sudah cukup bekal yang diberikan kepada adik-adik. Sekarang waktunya untuk bisa memberikan kontribusinya kepada Pramuka. Minta doa restu orang tua dan guru-guru agar apa yang diharapkan dapat tercapai,” pesan Kak Jumadi.

Sementara salah satu orang tua peserta Jambore Nasional XI, Waryo mengungkapkan rasa bangganya karena anaknya bisa terpilih dan dipercaya mengemban amanat dari Kwarcab Kota Tegal.

“Alhamdulillah mendapat kepercayaan dari sekolah sekaligus dari Kwarcab Kota Tegal, saya sebagai orang tua mendorong anaknya, mudah-mudahan bisa memberikan rasa percaya diri,” ungkapnya kepada BeritaNasional.ID.

Terkait persiapan dalam mengikuti Jambore Nasional XI ini, Waryo menyebutkan telah mempersiapkan kondisi anaknya dengan berbagai kegiatan, baik secara fisik maupun mental.

“Mengalir saja, karena anak saya juga terbiasa bergaul di masyarakat, terus sering latihan olahraga untuk mendukung fisiknya biar mantap dan percaya diri,” tutur ayah yang anaknya bersekolah di SMP Al Irsyad Kota Tegal.

Untuk diketahui, proses pemberangkatan kontingen Jambore Nasional XI dari Kota Tegal menuju Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur direncanakan hari Rabu 10 Agustus 2022.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button