Wisata

Kisah Nyai Endit yang Pelit, Melegenda Hingga Ke Penjuru Dunia

Garut, Beritanasional. ID – Cerita rakyat Jawa Barat yang melegenda, yakni, asal usul Situ atau Danau Bagendit di Kampung Cipare, Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa – Barat. Situ Bagendit merupakan objek wisata terkenal di Kabupaten Garut.

Setiap musim libur, Situ Bagendit jadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan lokal, nusantara, dan mancanegara. Wajar, sebab danau ini sangat indah, dikelilingi oleh panorama Gunung Cikuray, Haruman, dan Guntur.

Apalagi setelah revitalisasi selesai dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Banyak spot-spot menarik di Situ Bagendit yang bisa dijadikan tempat berswafoto.

Namun, di balik keindahannya, Situ Bagendit memiliki cerita atau legenda terkait asal usul namanya. Situ Bagendit berasal dari kata Situ yang dalam bahasa Sunda berarti Danau dan Bagendit berarti Nyai Endit.

Dihimpun dari berbagai sumber, konon dahulu kala sebelum kawasan itu menjadi danau, merupakan sebuah desa. Di desa itu hidup seorang janda kaya raya bernama Nyai Endit. Namun, Nyai Endit terkenal sangat pelit dan serakah.

Suatu hari, datang seorang warga meminta pertolongan kepada Nyai Endit. Tetapi, bukannya memberikan pertolongan, Nyai Endit justru mengusirnya. Di lain waktu, datang seorang kakek ke rumah Nyai Endit.

Kakek itu meminta air minum kepada Nyai Endit. Namun, bukan memberi air, Nyai Endit justru menghina dan memukul kakek tua tersebut. Padahal si kakek sama sekali tak melakukan kesalahan.

Setelah kejadian tersebut, si kakek menancapkan tongkat yang dibawanya ke tanah. Tiba-tiba, air memancar dari lubang bekas tongkat tersebut. Semakin lama, semburan air itu semakin deras. Sementara, setelah menancapkan tongkat dan mencabutnya, si kakek tua menghilang.

Air yang memancar semakin deras membuat warga desa panik dan menyelamatkan diri. Sementara itu, Nyai Endit justru sibuk menyelamatkan harta bendanya. Air pun menenggelamkan seluruh wilayah desa.

Nyai Endit tidak selamat. Dia tenggelam bersama harta bendanya. Warga desa yang selamat dari bencana, memberi nama danau dengan sebutan Situ Bagendit. ( Diky)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button