DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Kodim 0823 Situbondo Rakor Pembentukan Kampung Pancasila

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Kodim 0823/Situbondo gelar Rapat Koordinasi (Rakor) pembentukan Kampung Pancasila yang berlangsung di Aula Makodim 0823/Situbondo Jl. PB. Sudirman No 32 Situbondo, Selasa (22/2/2022).

Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, ada 5 hal yang membuat kondisi nilai pancasila menurun, salah satunya ialah lunturnya jiwa nasionalisme dan menurunnya moral bangsa.

“Masyarakat sudah merasa asing terhadap Pancasila dan membuat nilai-nilai Pancasila jauh dari kehidupan masyarakat, sehingga membuat moral bangsa menurun seperti Korupsi Kolusi dan Nepotisme, seks bebas, dan sebagainya saat ini merajarela,” ungkap Dandim Situbondo.

Adapun tujuan dari pembentukan Kampung Pancasila ini, sambung Dandim Situbondo, untuk menjaga dan memelihara Pancasila sebagai Ideologi Negara. “Sasarannya pembentukan Kampung Pancasila secara Masiv di wilayah teritorial Kodam V/Brawijaya dan terwujudnya pengamalan Pancasila dalam kehidupan masyarakat Situbondo khususnya kaum milenial atau generasi muda,” jelasnya.

Lebih lanjut Dandim Situbondo mengatakan, nantinya Kampung Pancasila akan diisi dengan berbagai ide-ide kreatif tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan dan pergaulan masyarakat.

“Di kampung Pancasila ini, masyarakat bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan nantinya kita akan edukasi masyarakat tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Tidak ada yang bisa menggantikan Pancasila, Pancasila Harga Mati,” jelas Dandim 0823/Situbondo Letkol Neggy Kuntagina.

Adapun yang hadir dalam Rakor ini, antara laian Wakil Bupati Situbondo, Hj. Khoironi, Kabagren Polres Situbondo AKP Didik Rudianto, Asisten I Pemkab Situbondo, Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Kapolsek Jajaran Polres Situbondo, Danramil Jajaran Kodim 0823/Situbondo, Camat Jajaran Kabupaten Situbondo dan tamu undangan lainnya. (***)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button