PemerintahanSinjai

Kolaborasi Pemkab Sinjai dan Dinas PUPR, Turunkan Alat Berat di Lokasi Longsor

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL –
Pemerintah Kabupaten Sinjai berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menurunkan alat berat untuk penanganan tanah longsor yang terjadi di Jalan Poros Kanrung – Saohiring yang berada di Dusun Baru Desa Kanrung Kecamatan Sinjai Tengah, Minggu (04/06/2023) sore.

Material longsor sempat menutup jalan poros tersebut sehingga tidak dapat dilalui kendaraan, dan masyarakat yang bergotong royong hanya bisa mengupayakan pengguna sepeda motor bisa lewat.

Kepala Dinas PUPR Sinjai H. Haris Achmad mengatakan, kondisi jalan yang tertutupi material longsor di lokasi tersebut memang membutuhkan alat berat agar masyarakat dapat kembali mengakses jalan.

“Ini perintah langsung bapak Bupati. Jadi di lokasi ini baru titik pertama dikerja, ada 3 titik longsor di Desa Kanrung ini kami usahakan tuntas hari ini. Jadi di titik ini tidak ada kerusakan di badan jalan, cuma longsoran yang ada di gunung tepi jalan itu yang menutup jalan,” jelasnya

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (PUPR) mengupayakan agar 3 titik longsor yang terjadi di Desa Kanrung Kecamatan Sinjai Tengah akan tuntas dibersihkan materialnya sehingga mobilitas masyarakat dapat berjalan dengan lancar.

“Kami sudah berusaha untuk membuka akses jalan. Kami punya 2 alat berat yang aktif beroperasional. Satunya berada di Sinjai Borong. Saat ini alat beratnya kami kirim ke Bulupoddo karena akses jalan di sana juga terputus. Kami berupaya kerja malam agar akses jalan bisa kembali terhubung,” terangnya

Ada 2 unit alat berat dikerahkan oleh Dinas PUPR Sinjai, satunya akan dikirim ke Jalan Poros Bulupoddo yang juga terkena longsor dan menyebabkan akses jalan terputus.

Kronologi kejadian tersebut dipicu oleh intensitas hujan lebat yang kemudian mengakibatkan banjir dan tanah longsor, pada Minggu (04/06) dini hari tadi.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button