DaerahEks Keresidenan Madiun

Komisi IV DPR RI Kunjungi Pabrik Pengolahan Poran di Kabupaten Madiun

BeritaNasional.ID, Madiun – 15 Anggota Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke pabrik pengolahan porang di Desa Kuwu Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun . Rombongan didampingi oleh Dirjen Tanaman Pangan Suwandi, Sekretaris Daerah Tontro Pahlawanto, dan sejumlah pimpinan OPD.

Jumat pagi (20/11/2020)

Dirjen Tanaman Pangan Suwandi memuji potensi tanaman porang yang sangat luar biasa di Kabupaten Madiun. “Sampai dengan bulan November ini, ekspor porang sudah mencapai 19.800 ton atau senilai 880 milyar. Artinya, perkembangan ekspor porang pada tahun 2020 ini melonjak drastis dari tahun sebelumnya”, jelasnya.

Tanaman yang kaya akan anti oksidan ini telah diekspor ke China, Thailand, Vietnam, dan 16 negara lain. Produktivitas porang di Kabupaten Madiun rata-rata mencapai 5,6 ton per hektarnya. “Kami terus mendorong ekspor porang ini. Petani juga harus bisa mengembangkan usahanya melalui kemitraan dengan industri porang”, ujar Suwandi.

Senada dengan Suwandi, wakil ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminudin juga mengapresiasi kekayaan porang di Kabupaten Madiun. “Sebagai komitmen Komisi IV DPR RI, kami akan terus membantu masyarakat melalui bantuan bibit, pupuk, dan sinkronisasi dengan Kementan agar budidaya porang dapat selalu berkembang”, terangnya.

Sekretaris Daerah Tontro Pahlawanto menjelaskan bahwa Pemkab Madiun terus berupaya dalam mendukung petani porang di Kabupaten Madiun. Salah satunya dengan menggandeng Perum Perhutani untuk bekerja sama dengan petani porang di tepian hutan dalam pembudidayaan varietas porang.

Selain itu Pemkab Madiun juga bekerja sama dengan perusahaan ataupun investor yang nantinya mengambil umbi porang dari petani Kabupaten Madiun.

Tidak hanya meninjau pengolahan porang, Komisi IV DPR RI juga menyerahkan bantuan untuk sejumlah kelompok tani di wilayah Kabupaten Madiun. Masing-masing kelompok menerima bantuan yang beragam, diantaranya bibit porang, benih padi, pompa air, hingga power thresher.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close