Jawa TimurProbolinggo

Koramil Sukapura Probolinggo Kawal Ritual Suku Tengger

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM- Koramil 0820/08 Sukapura mengawal jalannya sejumlah rangkaian ritual adat Suku Tengger dalam rangka memperingati hari raya karo di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Selasa (8/8).

Danramil Sukapura Kapten Inf Asto Kuswantoro Ajie mengatakan bahwa ritual perayaan hari raya karo adalah budaya adi luhur yang patut dilestarikan.

“Dengan adat serta tradisi ritual perayaan karo dimaknai sebagai simbol khususnya dalam keluarga yakni menjadikan situasi harmonis yang outputnya akan menciptakan kebahagiaan dan kesejahteraan,” kata Kapten Inf Asto Kuswantoro Ajie.

Ia menambahkan sebagaimana yang diperagakan pada ritual tarian sodoran adalah sebuah legenda masyarakat Suku Tengger dan beberapa bukti sejarah yang mendukung keberadaan masyarakatnya.

“Gerakan tarian masyarakat Tengger dalam merayakan hari raya karo tahun 1945 saka ketika penari mengangkat jari telunjuk itu sebuah simbol terjadinya manusia pertama yang berasal dari purusa dan pradana dari alam semesta yang sifatnya kekal abadi,”ujarnya.

Danramil berpostur tinggi tegap ini mengungkapkan bahwa peringatan hari raya karo yang dilakukan oleh masyarakat Tengger juga dilakukan di empat kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Timur. “Salah satunya di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Hal ini harus kita dukung dan kita lestarikan,”tuturnya

 

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button