Jawa TimurRagam

Korem 081 DJS Ciptakan Kompor Biomas Hemat Energi

BERITANASIONAL.ID, MADIUN – Kompor Biomass ciptaan Korem 081 Dhirotsaha Jaya (DJS) secara bentuk tidak jauh berbeda dengan kompor gas.

Kompos tersebut sebagai alat pemanas untuk keperluan memasak. Namun, kompor buatan korem 081/DJS bedanya, bahan bakarnya berupa material non-gas. Yaitu menggunakan ranting kayu, Kompor tersebut diklaim lebih ekonomis dari kompor biasanya.

Kompor Biomass yang diinisiasi Korem 081/Dhirotsaha Jaya (DSJ) Madiun Jawa Timur. Untuk melancarkan proses produksi, pihak korem menggandeng salah seorang pengusaha asal Cirebon untuk menciptakan teknologi alternatif tersebut.

‘’Selain lebih hemat, juga ramah lingkungan,’’ kata Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki dalam Acount Youtubenya.

Kata Kolonel Inf Deni, selain memenuhi kebutuhan rumah tangga, kompor Biomass dapat dioperasikan untuk kebutuhan industri kecil dan rumah tangga. Namun saat ini Kompor tersebut masih dalam uji coba oleh para prajurit.

‘’Sementara masih diproduksi terbatas. Kami uji cobakan untuk kebutuhan para prajurit yang akan bertugas di Papua,’’ Ungkapnya.

Kehebatannya, kompor Biomass tersebut  mampu menghasilkan energi listrik. Sejauh ini telah terbukti dapat digunakan untuk mengisi baterai ponsel, aki kendaraan dan lampu LED. Memiliki sejumlah kelebihan itu, kompor biomass tersebut dinilai Danrem cocok dijadikan perangkat  pendukung saat penugasan prajurit TNI di lapangan.

Rencananya, Kompor Biomas tersebut bila teruji akan di produksi secara massal dalam membantu perekonomian nasional. (Red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button