PemerintahanSinjai

KPA Sulsel Sambangi Pemkab Sinjai Bahas Penanggulangan HIV/AIDS

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, Selasa (11/07/2023) siang.

Rombongan dari KPA Sulsel tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong di ruang kerjanya.

Pada pertemuan ini, Sekretaris KPA Sulsel Drs. Muharram Sahude menjelaskan bahwa kasus HIV/AIDS di Sulsel mengalami peningkatan.

Olehnya itu, kedatangannya di Kabupaten Sinjai bertujuan untuk mengajak Pemerintah Daerah berkolaborasi dalam pencegahan HIV/AIDS ini.

“Kita tahu bahwa penyakit HIV/AIDS ini kita belum temukan obat untuk menyembuhkan. Olehnya itu, persoalan ini kita tidak boleh jalan sendiri-sendiri. Untuk mencegahnya kita harus melibatkan stakeholder termasuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong yang juga selaku Ketua Pelaksana KPA Sinjai menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran KPA Sulsel yang telah memperlihatkan keseriusannya untuk menangani penyakit HIV/AIDS tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada KPA Sulsel yang hadir memotivasi kita di Kabupaten Sinjai agar HIV/AIDS ini bisa kita sosialisasikan bersama dengan berkolaborasi dengan banyak pihak dan instansi,” ucapnya.

Kartini menambahkan, saat ini Pemerintah melalui KPA Sinjai telah melakukan upaya dalam melakukan pencegahan HIV/AIDS, salah satunya adalah melalui kegiatan sosialisasi yang menyasar 9 kecamatan.

“Banyak program yang akan kita lakukan, tahun kemarin kita telah adakan sosialisasi di 9 kecamatan. Insya Allah tahun ini kita akan kembali sosialisasikan agar HIV/AIDS ini bisa kita minimalisir di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Sekedar informasi, HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus patogen yang dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang.

Apabila tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut, HIV dapat mencapai stadium akhir dan mengakibatkan kondisi yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

AIDS adalah kumpulan dari beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh sangat lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Pada pertemuan antara jajaran Pemkab Sinjai bersama KPA Sulsel, hadir sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diantaranya Kadis Kesehatan dr. Emmy Kartahara Malik.

Hadir juga Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai A. Irwansyahrani Yusuf, perwakilan OPD dari beberapa instansi, serta Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama Sinjai, H. Syamsul Bahri.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button