Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Politik

KPU Polman Gelar Sosialisasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2019

Penetapan Calon , Penetapan Perolehan Suara

image_pdf

Polman.Sulbar.Berita Nasional.ID — Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar gelar rapat stake holder dan sosialisasi peraturan KPU nomor 5 tahun 2019 tentang penetapan pasangan calin terpilih penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih.

            Para peserta sosialisasi dari LO Partai                                          (foto bernas)

Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan partai politik yang menjadi peserta Pemilu pada tahun ini, Ketua KPU Polman Rudianto bersama Komisioner KPU Polman Andi Rannu, Munawir dan Nurjannah Waris. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Polman Bahtiar Musdalifah yang dilaksanakan di hotel Ratih Polewali. Kamis, 14 Maret.

Ketua KPU Polman Rudianto menyampaikan, PKPU nomor 5 tahun 2019 berisi tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum yang perlu kami sosialisasikan PKPU nomor 5 ini berbeda dengan penetapan perolehan kursi di Pemilu sebelumnya.

“penetapan perolehan kursi di Pemilu 2014 itu menggunakan metode BPP atau coteharre yang diistilakan bilangan pembagi dimana suara sah dibagi dengan kuota kursi yang tersedia, di Pemilu 2019 konversi suara sah untuk partai itu melalui metode sanddish yang dalam bahasa Undang-undang nya surah sah dibagi satu lalu diikuti berikutnya tiga, lima dan tujuh” jelas Ketua KPU Polman Rudianto.

Lanjutnya, Hasilnya inilah yang kemudian akan di ranking, mana yang terbanyak kedua dan ketiga dan seterusnya. Partai yang mendapat suara pada pembagian satu itulah yang mendapat kursi pertama dan diikuti suara sah berikutnya. Ia juga menyampaikan dalam sosialisasi PKPU tersebut diterima dengan baik oleh para peserta dan menyampaikan jika sudah sangat jelas.

Sementara itu Ketua DPC PKB Polman Amiruddin menanggapi positif sosialisasi PKPU nomor 5 tahun 2019 yang disampaikan oleh KPU Polaman. Menurutnya, ini membuat kami selaku parpol dan para caleg untuk lebih semangat meraih hasil, “hampir sama dengan metode sebelum hanya kelebihannya lebih menguatkan model perhitungan nya bagaimana partai bisa memenagkan kursi dan intinya bagaimana PKB bisa menang” terangnya.

Show More

Related Articles

Close