DaerahJawa TimurSitubondo

Krisis Air Bersih, Polres Situbondo Distribusikan 20 Ribu Liter Air ke 4 Titik

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Untuk mengatasi krisis air bersih, Polres Situbondo mengirimkan puluhan ribu liter air bersih ke sejumlah wilayah yang dilanda krisis air bersih. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polres Situbondo terhadap masyarakat, Kamis (3/8/2023).

Untuk mensuplay air bersih tersebut Polres Situbondo menurunkan armada water canon dan 4 truk tanki air dengan kapasitas per tanki 5.000 liter. Air bersih tersebut didistribusikan ke Dusun Langai, Kecamatan Panarukan; Dusun Sokaan, Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh; Desa Polay, Kecamatan Arjasa serta di Desa Sidomukti, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto melalui Kasatlantas AKP Suwarno menjelaskan bahwa fenomena krisis air bersih disejumlah wilayah tersebut menjadi atensi Polres Situbondo, sehingga diputuskan untuk membantu masyarakat yang kekurangan air bersih akibat kemarau, maka Polres Situbondo mengirimkan 20 ribu liter air bersih. “Hari ini kami suplay air bersih sebanyak 20 ribu liter untuk wilayah dilanda krisis air bersih tersebut,” kata AKP Suwarno.

Selain itu, AKP Suwarno mengungkapkan untuk melancarkan kegitan pendistribusian air bersih tersebut, Polres Situbondo bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Baluran dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo langsung mensuplay air bersih itu.

Dengan dikirimnya puluhan ribu liter air bersih tersebut, lanjut Suwarno, pihaknya berharap bisa meringankan beban masyarakat yang mengalami krisis air bersih. “Selain itu, kami juga memberikan 100 dus air mineral bekerjasama dengan Air Mineral Tirta Baluran milik PDAM Situbondo semuanya untuk masyarakat sebagai bentuk pnegabdian kami untuk masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Supri warga Dusun Langai, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo mengucapkan terima kasih kepada Polres Kabupaten Situbondo atas bantuan air bersih dan air mineral untuk warga yang mengalami krisis air bersih. “Terima kasih bantuan air bersihnya dari Polres Situbondo,” ucapnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Supri, namun dia juga mengungkapkan setiap musim kemarau tempatnya tinggal selalu mengalami krisis air bersih. “Setiap musim kemarau pasti dusun saya kekurangan air bersih. Karena rumah saya ini memang di daerah dataran tinggi,” jelas Supri. (As’ad/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button