HeadlineMenuju Pemilu 2024

Kunjungan Kerja ke KPU Provinsi Gorontalo, Fadel Muhammad: Saya Yakin KPU Netral dan Profesional

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Anggota DPD RI Dapil Gorontalo yang juga Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad menyatakan keyakinannya terhadap netralitas dan profesionalitas Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu. Hal ini disampaikannya dihadapan Komisioner KPU Provinsi Gorontalo saat melakukan audiensi kunjungan kerja dalam rangka reses Anggota DPD RI Dapil Gorontalo di KPU Provinsi Gorontalo, Selasa (6/2/2024).

Mantan Gubernur Gorontalo ini mengaku banyak pihak yang bertanya kepadanya tentang netralitas KPU dalam Pemilu kali ini terutama terkait dengan hasil pemungutan dan penghitungan suara. Sehingga hal ini pun menjadi salah satu isu yang dibahasnya bersama KPU Provinsi Gorontalo.

Namun setelah mendengarkan langsung penjelasan Komisioner KPU Provinsi Gorontalo tentang sistem informasi rekapitulasi hasil penghitungan suara atau yang disebut dengan Sirekap, maka Fadel pun mengatakan bahwa sangat kecil kemungkinan adanya kecurangan terkait dengan hasil pemilu.

“Dengan adanya Sirekap ini, saya sangat yakin kecil sekali kemungkinan kecurangan yang terjadi. Karena Saya meyakini netralitas dan profesionalitas KPU,” tuturnya.

Suasana Audiensi Anggota DPD RI Dapil Gorontalo yang juga Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dengan Komisioner KPU Provinsi Gorontalo (foto: Noka)

Selain itu Anggota KPU Provinsi Gorontalo Hendrik Imran menjelaskan bahwa hasil penghitungan suara di TPS berupa C Plano maupun C1 bisa di foto dan dipublikasikan ke seluruh media.

“Ini juga sebagai alat kontrol bagi kami dan juga seluruh pihak jika terjadi perubahan dalam angka-angka hasil pemungutan dan penghitungan Suara di TPS,” jelas Hendrik.

Hal lain yang menjadi pembahasan pada kunjungan Fadel Muhammad ke KPU Provinsi Gorontalo adalah soal kesiapan seluruh penyelenggara maupun fasilitas yang mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 pada tanggal lahir 4 Februari mendatang.

“Alhamdulillah hari ini saya telah banyak menerima informasi dari KPU Provinsi Gorontalo terkait dengan kesiapan penyelenggaran Pemilu di Provinsi Gorontalo,” tandas Fadel saat diwawancarai usai pertemuan dengan Komisioner KPU Provinsi Gorontalo.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button