Kalimantan Barat

Kunjungan Silaturahmi Kapolres Sekadau ke Dinas Perhubungan, Tingkatkan Sinergi Pelayanan Lalu Lintas

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si., melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau, pada Senin, 29 Januari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat sinergi kedua instansi dalam upaya meningkatkan pelayanan lalu lintas kepada masyarakat.

Kapolres Sekadau didampingi KBO Satlantas IPTU M. Suyatman diterima langsung oleh Kadishub Kabupaten Sekadau, Hermansyah, M.SE. Dalam diskusi tersebut, membahas masukan dari masyarakat terkait lalu lintas, yang disampaikan dalam kegiatan Jumat Curhat Polres Sekadau.

Salah satunya adalah kondisi rambu lalu lintas yang telah membutuhkan peremajaan. Warna-warna pada rambu tersebut telah pudar dan sulit terlihat. Selain itu, penambahan rambu lalu lintas di Kabupaten Sekadau juga sangat diperlukan.

Kapolres juga membahas pentingnya lampu penerangan di jalan dalam mencegah gangguan Kamtibmas serta kecelakaan lalu lintas. Ia juga mengajak seluruh pihak untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang larangan penggunaan knalpot brong secara humanis.

Masalah kendaraan over dimension dan over loading juga menjadi perhatian Kapolres. Polres Sekadau telah mengirimkan surat kepada perusahaan-perusahaan di Kabupaten Sekadau.

“Kendaraan over dimension dan over loading dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan. Kami berharap Dinas Perhubungan dapat bekerjasama dengan kami dalam memberikan edukasi dan menegakkan aturan ini kepada pelaku usaha maupun pemilik kendaraan dan ekspedisi agar mematuhi regulasi yang berlaku,” pinta Kapolres.

Selain itu, Kapolres Sekadau juga mengungkapkan masalah bongkar muat dan parkir di Pasar Sekadau yang mengakibatkan kepadatan kendaraan serta terhambatnya arus lalu lintas saat jam aktivitas jual beli. Ia berharap dapat dicari solusi bersama untuk mengatasi permasalahan ini.

Dalam menjaga disiplin lalu lintas, Polri telah memberlakukan penegakan hukum lalu lintas dengan menggunakan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Oleh karena itu, Kapolres Sekadau mengemukakan perlunya kajian bersama dalam pemasangan lampu lalu lintas serta pengadaan ETLE di Kabupaten Sekadau.

Kadishub Sekadau, Hermansyah, mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Sekadau yang telah meluangkan waktu untuk kunjungannya di Kantor Dinas Perhubungan Sekadau.

Ia juga menyampaikan bahwa Dishub Sekadau selalu bekerjasama dengan Satlantas Polres Sekadau dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran, berlalulintas di wilayah Kabupaten Sekadau dan sekitarnya.

“Kami juga berterima kasih atas masukan dan saran yang telah diberikan oleh Bapak Kapolres terkait rambu-rambu lalu lintas. Kami akan melakukan survey langsung di lapangan untuk mengecek rambu-rambu yang sudah rusak dan menempatkan rambu-rambu baru di Kabupaten Sekadau,” sambungnya.

Terkait dengan bongkar muat dan parkir di Pasar Sekadau, Hermansyah menjelaskan, saat ini pihak Dishub sudah bekerja sama dengan Satlantas dan instansi terkait untuk kelancaran berjalannya lalu lintas di Pasar Sekadau dengan melaksanakan kegiatan patroli bersama.

“Ke depan kami akan terus berkomunikasi dan bekerja sama dengan Polres Sekadau melalui kegiatan Forum Lalu lintas untuk mencari solusi atau pemecahan permasalahan lalu lintas yang ada di Kabupaten Sekadau dan sekitarnya,” tutupnya. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button