PemerintahanSinjai

Lahirkan Perencanaan Kontinu, Forum Konsultasi Publik RPJPD 2024-2044 Kab.Sinjai di Gelar

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Guna memastikan bahwa rencana pembangunan telah mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Sinjai (Pemkab Sinjai) Melaksanakan acara konsultasi publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2024-2044.

Agenda dimaksud dilaksanakan Selasa, (16/5/2023) di Ruang Pola Kantor Bupati. Dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar, mewakili Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Selain itu turut hadir Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Andi Irwan Syahrani Yusuf, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Camat dan tim ahli pendamping KLHS RPJD kabupaten Sinjai.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar mengatakan, KLHS merupakan salah satu instrumen yang digunakan dan diamanatkan oleh undang-undang untuk memberikan masukan terhadap RPJPD agar RPJPD yang disusun dipastikan telah memperhatikan dan mengintegrasikan prinsip- prinsip pembangunan berkelanjutan di dalamnya.

“RPJPD merupakan salah satu dokumen perencanaan penting di daerah, dokumen ini berlaku selama 20 tahun, dan menjadi acuan penting dalam menyusun perencanaan pembangunan. dokumen ini harus visioner, realistis, komprehensif sehingga penting untuk mendapatkan masukan dari semua pihak untuk memperkaya khasanah terhadap dokumen ini,” jelasnya

Dalam penyusunan KLHS,dengan menggabungkan dua pendekatan yaitu pendekatan teknokratik dan pendekatan partisipatif. Dan serangkaian analisis yang dilakukan tim ahli yang mendampingi pokja diharapkan dapat mencurahkan seluruh kemampuannya.

Mewakili Bupati ASA, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, menyampaikan harapannya melalui Konsultasi KLHS ini.

“Saya berharap kepada semua yang hadir agar memberikan tanggapan, masukan terhadap pemaparan yang disampaikan oleh tim ahli. Terutama terhadap profil capaian SDGs, apa faktor yang menyebabkan sehingga indikator ini tidak tercapai, atau kenapa kegiatan yang mendukung beberapa indikator tersebut belum dilaksanakan,” harapnya

Berikutnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai, H. Sofwan Sabirin juga menyampaikan tujuan adanya forum konsultasi ini untuk mendapatkan tanggapan dan masukan terhadap data-data capaian SDGs yang telah dihimpun oleh Pokja dan diolah oleh tim ahli pendamping penyusunan dokumen KLHS.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button