TNI Dan Polri

Lanud Soewondo Kembali Bantu Salurkan 5.000 APD Tahap 10

BeritaNasional.ID Medan – Dalam rangka tetap membantu percepatan dan penanggulangan wabah Covid-19 di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara, Lanud Soewondo kembali bantu mendistribusikan alat-alat kesehatan pada tahap ke 10 kepada Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Ribuan alat kesehatan tersebut diangkut dengan menggunakan pesawat Boeing 737 TNI AU A-7308 yang mendarat di lanud Soewondo tepat jam 12:10 WIB, Senin (8/6/2020).

Setelah pesawat mendarat dan parkir di apron charlie, seluruh awak pesawat langsung dilakukan prosedur protokol kesehatan, dan seluruh kotak APD diangkut ke shelter dan disemprot dengan cairan diksenfektan, hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Selanjutnya dilakukan serah terima dari Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto S.Sos., M.A.P. yang diwakilkan oleh Kepala Rumah sakit Abdul Malik Lanud Soewondo, Mayor Kes dr. Whiko Irwan kepada perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut yang diwakili oleh Kabid Sumber Daya Kesehatan, ibu Suriani Purnama Wati disaksikan oleh Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga yang diwakilkan oleh Pasi Log, Mayor Inf Zulkarnaen.

Danlanud Soewondo melalui Ka. Rumkit Abdul Malik Lanud Soewondo pada awak media menjelaskan bahwa pendistribusian ini merupakan tahap yang ke 10 dan yang kedua pasca lebaran Idul Fitri 2020.

“Lanud Soewondo pada hari ini kembali membantu mendistribusikan alat-alat kesehatan, ini adalah sudah tahap ke 10, kali ini yang kita distribusikan adalah 5.000 APD,”ucap Mayor Kes Whiko Irwan.

Lanjut dokter yang juga juru bicara Covid-19 Provinsi Sumatera Utara ini lagi, ini langsung kita serah terimakan kepada dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara yang nantinya akan didistribusikan oleh Gugus Tugas Covid-19.

Sementara itu Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Suriani Purnama menjelaskan bahwa alat-alat ini nantinya akan didistribusikan ke rumah sakit – rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan Covid-19 di Sumatera Utara.

“Untuk APD akan kita distribusikan ke rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya yang berada di kabupaten/kota di Sumatera Utara. Hingga kini ketersediaanya APD, saya rasa sudah mencukupi, namun khusus PCR tergantung berapa banyak pemeriksaan yang dilakukan, kalau pemeriksaan meningkat tentunya kebutuhan juga akan meningkat,”pungkasnya.

Selanjutnya alat kesehatan tersebut diangkut dengan menggunakan mobil box milik Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close