DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Larung Sesaji Petik Laut Disaksikan Bupati dan Kapolres Situbondo

BeritanSaional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Bupati Situbondo Drs Karna Suswandi didampingi Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H, Komandan Puslatmar 5 Baluran Lekol Marinir Agus Wayudi ikut menyaksikan Larung Sesaji Petik Laut di Pondok Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputuh, Kabupaten Situbondo, Rabu (27/7/2022).

Sebelum larung sesaji atau pelepasan Bitek ke tengah laut, terlebih dahulu Bitek atau sesaji tersebut diarak dari Balai Desa Sumberanyar menuju pinggir laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondok Mimbo, dengan diiringi doa doa keselamatan untuk nelayan yang mencari ikan di tengah laut.

Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi M.M dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap upaya warga yang telah bergotong royong secara mandiri menyiapkan acara Tradisi Petik Laut yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Tradisi Petik Laut tidak pernah lepas dari kehidupan para nelayan untuk mengalap berkah mencari ikan di laut. Sedekah laut atau petik laut yang dilaksanakan nelayan Pesisir Mimbo merupakan tradisi turun temurun yang masih di pertahankan. Petik laut adalah sebuah upacara rasa syukur nelayan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan mengadakan pelarungan sesaji berupa hasil bumi dengan dihantar ketengah lautan diiringi perahu yang dihias berwarna-warni,” jelas Bupati Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo, namun dia mengatakan bahwa tradisi larung sesaji yang dilaksanakan oleh nelayan Pesisir Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo untuk memohon keberkahan dan lindungan dalam mencari nafkah dilaut ditahun selanjutnya. “Semoga permohonan masyarakat nelayan Pesisir Mimbo dikabuli oleh Allah SWT,” pungka Bupati.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, berpesan kepada para nelayan yang mengikuti prosesi larung sesaji ke tengah laut agar mengutamakan faktor keselamatan terutama perahu yang akan ikut larung sesaji jangan sampai melebihi kapasitas angkut. “Dengan sedekah laut ini, semoga apa yang dihajatkan para nelayan dapat tercapai,” ujar Kapolres Situbondo.

Sekedar informasi, Petik Laut diawali pengguntingan pita oleh Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi M.M didampingi Kades Sumberanyar dan Forkopimka Banyuputih. Kemudian bitek sesaji di larung ketengah laut menggunakan perahu “Jawara” dan diiringi 30 perahu lainnya.

Suasana larung sesaji petik laut yang dilakuakn nelayan pesisir Mimbo (Heru Hartanto/BeritaNasioanl.id)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button