TMMD

TMMD Ke-114 Resmi Dibuka Bupati Garut

Garut, Beritanasional.ID – Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan dilaksanakan di Desa Ciwangi, Kecamatan Balubur Limbangan dan Desa Cigawir, Pelitaasih dan Putrajawa Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa – Barat.

Menurut Bupati Garut, Rudy Gunawan saat diwawancarai Beritanasional.ID. Pembukaan yang dilaksanakan di area wisata kebun pinus Kampung Manyah Beureum Desa Ciwangi tersebut, juga dihadiri langsung Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) III/Siliwangi, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Asep Syarifudin, Dandim 0611 Garut, Letkol Czi Dhanisworo S Sos, dan PJU Kodim serta anggota, Ketua DPRD Garut, Hj Euis Ida Wartiah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), H Wawan Nurdin, Forkopimcam Limbangan dan Selaawi, anggota Koramil dari Malangbong, Limbangan, Cibatu, Anggota Polsek Limbangan, para kepala desa dari kedua wilayah kegiatan TMMD.

“Selain perang, dalam rangka mempertahankan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI juga dalam tupoksinya bisa membantu pemerintah daerah dalam kondisi dan situasi yang memerlukan sarana dan alat, dan TNI juga bisa menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi, antara lain membantu akibat bencana alam, merehabilitasi infrastruktur serta mengatasi masalah akibat pemogokan dan konflik komunal,” ujar Rudy. Rabu,( 27/7/ ).

Disampaikan Bupati Garut. Rudy Gunawan, dalam pelaksanaan tugasnya tersebut, TNI terlibat dalam mempercepat pembangunan di daerah melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh komando kewilayahan.

Adanya pelaksanaan TNI TMMD ke 114 Tahun 2022, di Kabupaten Garut yang secara tehnis dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0611 Garut, yakni dalam rangka membangun poros desa dengan panjang jalan kurang lebih 3 kilometer, yang menghubungkan empat desa di dua kecamatan, yakni Desa Ciwangi Kecamatan Balubur Limbangan dengan Desa Cigawir, Pelitaasih juga Desa Putrajawa di Kecamatan Selaawi.

“Saya selaku Bupati Garut. Berharap TMMD Ke 114 Tahun 2022 Kodim 0611 Garut, walaupun dengan anggaran minim, dengan adanya jalan poros ini, bertujuan untuk mempermudah urusan-urusan masyarakat, akses jalan menjadi bagus, nilai tanah menjadi mahal, akses transfortasi pergerakan orang dan barang bisa semakin cepat,” terangnya.

Sementara, Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Asep Syarifudin kepada awak media menyampaikan rasa syukur dan apresiasi dengan sinergitas unsur Forkopimda dalam berbakti membangun negeri. Ia melihat spirit dalam membangun wilayahnya sangat luar biasa termasuk warga masyarakatnya.

“Harus diyakini oleh kita semua, dengan membangun desa, adalah cikal bakal negara ini kelihatan maju. Kecamatan, kabupaten dan provinsi pasti kuat, dan negara pun akan kuat,” ucap Brigjen Asep.

Ia meminta, kemanunggalan ini harus tetap terjaga dan dilestarikan sebaik mungkin, karena TNI lahir dari rakyat, bersama rakyat.

“Maka rakyat ada di hati TNI dab TNI pun ada di hati rakyat. Kita harus menikmati kemerdekaan , malu kalau tidak membangun, para pahlawan sudah mengorbankan jiwa dan raganya,” katanya.

Ia juga berharap program ini dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya TMMD ini mampu meningkatkan ekonomi rakyat, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan di masyarakat.


Disisi lain, Dandim 0611/Garut Letnan Kolonel (Letkol) CZI Dhanisworo, menjelaskan, dalam TMMD ini pihaknya akan melakukan beberapa pengerjaan seperti pembangunan jalan lapen sepanjang 3.265 meter dengan lebar jalan 3 meter, kemudian pengerjaan 3 Gorong-grorong, pengerjaan Tembok Penahan Tanah (TPT), pengerjaan Posyandu, dan terakhir pengerjaan Poskamling.

“Adapun output atau wujud pelaksanaan TMMD ini yaitu baik fisik dan non fisik, dan (untuk) fisik terwujudnya pembangunan jalan melalui program TMMD sehingga tercapainya sinergitas antara TNI, pemerintah daerah dan warga masyarakat di lokasi sasaran, kemudian untuk sasaran non fisik, terselenggaranya penyuluhan di bidang kesadaran bela negara, kesejahteraan masyarakat, serta bidang lainnya yang di butuhkan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan ada outcome ataupun nilai guna yang ingin dicapai, yakni untuk memperlancar akses sarana transportasi warga khususnya yang ada di wilayah Desa Ciwangi, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.

“Waktu dan tempat pelaksanaan TMMD mulai hari ini tanggal 26 Juli sampai dengan tanggal 24 Agustus, bertempat di lapangan Desa Ciwangi, Kampung Majah Beureum, Desa Ciwangi, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut,” pungkasnya,. ( Diky ).
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button