Daerah

Latma Garuda Shield TNI AD dengan US Army di Dodiklatpur Asembagus Resmi Di Buka

BeritaNasional.ID, SITUBONDO –  Pembukaan Latihan bersama (Latma) yang dimulai tanggal 19 Agustus hingga 30 Agustus 2019 antara TNI bersama US Army (Tentara Amerika) yang bertempat di lapangan Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya, Kedunglo Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, pada Senin (19/8/19) resmi dibuka.

Upacara pembukaan yang dipimpin Irup Mayjen TNI Tri Yuniarto (Pangdiv 2/Kostrad) diawali dengan atraksi terjun freefall disajikan oleh 6 penerjun (3 dari US Army dan 3 dari Brigif 18/PR). Ada juga atraksi BDM aliran PSHT oleh 52 personil Brigif Raider 9/DY/2 Kostrad.

Upacara tersebut merupakan bentuk pembukaan kerja sama antar dua negara di bidang militer, untuk meningkatkan kemampuan keterampilan serta pengetahuan personil kedua negara di bidang pertahanan militer.

Sementara itu, para perwira personil baik dari pihak US Army dan TNI dihadiri Mayjen John P. Johnson (Deputy Commanding General U.S Army Pasific), Danup Letkol Inf Rudiyanto (Kasbrigif 18 PR/ 2 Kostrad) serta Paup Kapten Inf Ugro Seno (Pasi Pers Brigif 9 R/DY 2 Kostrad) diikuti sekitar 300 personil.

Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto dan Mayjen John P. Johnson (Deputy Commanding General U.S Army Pasific) tiba di Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya dengan pengawalan PM Divisi 2/Kostrad.Mayjen John P. Johnson disambut dengan jajar kehormatan oleh Mayor Infantri Mohamad Sidkon (Wadan Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya. Selanjutnya menuju Mako Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya.

“Pada hari ini kita buka Latma Garuda Shield-13/2019 ini dengan harapan dapat mempererat hubungan kedua negara, dengan saling bertukar pengetahuan dan pengalaman,” kata Tri Yuniarto, Senin, (19/8/19).

Pelaksanaan Latma ini, lanjutnya, bukan saja bentuk kerja sama antar dua negara di bidang militer, tapi juga untuk meningkatkan kemampuan keterampilan serta pengetahuan personil kedua negara. Juga diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaaan persahabatan sesama personil kedua negara.

“Laksanakan rangkaian Latma Garuda Shield-13/2019 dengan penuh semangat dan yang utama adalah jaga faktor keamanan seluruh personil yang terlibat mulai dari pembukaan hingga penutupan usai Latma nanti, lakukan evaluasi sebagai masukan positif bagi kita semua,” ujar Tri Yuniarto.

Ia menghimbau betapa pentingnya menjaga nama baik kehormatan bangsa dan negara. Sebagai bentuk tali persahabatan, akan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. (ans) 

Caption : Suasana pembukaan Latma dan atraksi terjuan payung TNI AD dengan US Army

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button