BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Lestarikan Kuliner Bondowoso, SDN Kotakulon 1 Gelar P5 Sekaligus Launching Produk Lokal

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JAWA TIMUR – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bondowoso, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, MSi membuka gelar karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sekaligus melaunching nama produk lokal SDN Kotakulon 1, Kamis (22/06/2023).

Kadisdik Bondowoso, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M., mengungkapkan, gelar karya ini merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka. “Saya ucapakan selamat kepada SD Negeri Kotakulon 1 yang telah berhasil melaksanakan Gelar Karya P5 di Kota Bondowoso,” ujarnya.

Disamping itu, pihaknya juga melaunching kuliner besutan SDN Kotakulon 1 berupa ice cream dengan bahan dasar Tape. “Luar biasa apa yang telah dilaksanakan SDN Kotakulon 1, bisa meluncurkan produk sendiri berupa ice cream. Saya resmikan nama ice cream ini dengan nama Skotsa Oii”, jelas pak Gik-sapannya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (KS) SDN Kotakulon 1, Siti Syamsiah, S.Pd., mengatakan, untuk melancarkan izin pemasaran, pihaknya sudah bekerjasama dengan Diskoperindag. “Insyaallah, ice cream Skotsa Oii akan menjadi produk unggulan sekolah, kami juga mohon doa serta dukungannya,” ungkap ibu Sam.

Pihaknya bangga dengan produk yang dibuat oleh warga sekolah. Pasalnya ini baru yang pertama di lingkungan sekolah. “Ide in muncul dari saya pribadi. Kemudian saya koordinasikan dengan warga sekolah, guru, paguyuban dan komite,” urainya.

Kegiatan P5 sendiri diisi dengan gebyar dan bazar dengan 7 stand bertemakan kuliner lokal Bondowoso. “Stand itu dimeriahkan oleh anak-anak kelas 1 dan 4, karena P5 ditujukan untuk program Kurikulum Merdeka (Kurmer),” ucap ibu Sam.

Ada aturan terkait bahan dasar yang boleh di jual belikan oleh siswa. “Siswa boleh jual beli kuliner dengan bahan dasar tape, karena tape merupakan makanan khas bumi Ki Ronggo,” jelasnya.

Kegiatan tahunan tersebut juga dimeriahkan dengan beberapa penampilan siswa, seperti Fashion Show, Tari, Nyanyi, Pildacil dan cerita Bandung Bondowoso. Hadir Pengawas, Dwi Santoso, M.Pd., dan Kepala Seksi Kelembagaan dan Manajemen SD, Abdul Holiq Firdaus, S.Pd. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button