BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Purnawiyata SDN Blindungan 1, Kadisdik Bondowoso Imbau Wali Murid Pantau Gadget Siswa

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JAWA TIMUR – Sebanyak 64 siswa SDN Blindungan 1 menjalani prosesi purnawiyata di Graha Ijen Bondowoso, Kamis (22/06/2023. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M., K3S, Herman Iskak, S.Pd., Pengawas, Dwi Santoso, M.Pd., Kepala Sekolah (KS) SDN Blindungan 1, Sri Hadiningsih, S.Pd.I, mantan guru dan KS serta paguyuban SDN Blindungan 1.

Dalam sambutannya, Kadisdik mengatakan bahwa siswa kelas 6 yang baru saja lulus dan akan mekanjutkan ke jenjang SMP merupakan usia remaja. “Mainan anak-anak remaja ini berbeda. kalau biasanya bermain game, mungkin setelah masuk SMP mainannya akan berubah. Mereka akan mulai senang dengan lawan jenis karena masuk masa puber,” jelas pak Gik-sapaannya.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau dan menyarankan kepada wali murid untuk terus memantau putra-putrinya. “Utamanya gadget atau android, saya akan lebih senang ketika melanjutkan ke jenjang SMP nanti tidak diberikan kesempatan untuk membawa android atau HP,” pesannya.

Plt Kepala BKSDM itu menambahkan, Disdik akan membuat Surat Edaran tentang larangan siswa menggunakan HP ketika di sekolah. “Kecuali untuk konten-konten pembelajaran. Hal itu kami lakukan supaya anak-anak kita tidak terpengaruh kepada budaya-budaya luar yang akan mengganggu kepada karakter anak-anak kita,” jelas pak Gik.

Pejabat di dua OPD ini menjelaskan, bahwa ada 2 program unggulan yang sedang dilaksanakan oleh Disdik, yaitu Literasi Mengaji Al-Qur’an dan pembiasaan setiap hari Jum’at bahasa Madura Enggi Bunten.

Sementara itu, KS SDN Blindungan 1, Sri Hadiningsih, S.Pd.I., mengatakan, untuk tahun ini pihaknya meluluskan siswa sebanyak 64 yang terdiri dari kelas 6 A dan kelas 6 B. “Acara hari ini kami laksanakan dengan sederhana karena memang permintaan dari wali murid, paguyuban juga komite sekolah, supaya diadakan prosesi purnawiyata untuk kenang-kenangan,” ungkap ibu Ning-sapannya.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan beberapa penampilan siswa, seperti pencak silat, hadrah, musik Tong-Tong, paduan suara, tari tradisional nyanyi solo dan pemberian penghargaan siswa berprestasi. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button