DaerahWisata

L’Etape Indonesia Tour de France 2021 Siap Digelar NTB

BeritaNasional.ID, NTB, Mataram – L’Etape Indonesia Tour de France 2021 yang akan di selenggarakan di NTB, selaku Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Yusron Hadi memimpin rapat pembahasan event balap sepeda L’etape yang akan diselenggrakan di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Selasa (6/07).

Rapat kordinasi yang diselenggarakan secara virtual ini dihadiri sebanyak 24 audiences yang terdiri dari Direktur L’Etape Indonesia, Kapolda NTB, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTB, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan beberapa instansi-instanti terkait untuk penyelenggarakan event ini.

Dengan sebanyak 1500 peserta pecinta sepeda yang akan melintasi jalur pariwisata Mandalika, 10 hingga 12 September mendatang. Event ini merupakan bagian dari Tour de France.

L’etape Indonesia ini akan diikuti oleh 18 negara yang menawarkan dua lintasan, yaitu 125 kilometer dan 75 kilometer. Peserta balap sepeda ini berasal dari beberapa negara Asia, Asia tenggara, Australia, Afrika Utara, Amerika, dan lain-lain.

Event ini akan menggunakan protokol kesehatan secara ketat, seperti peserta harus melakukan PCR sebelum terbang ke Lombok, harus membawa surat keterangan sehat dari dokter, dan tentu saja peserta harus sudah divaksin.

Tidak sampai disitu, selama event berlangsung protokol kesehatan harus tetap dijalankan, tidak hanya bagi peserta tapi juga semua pengunjung yang datang. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menggunakan handsanitizier dan mengecek suhu sebelum masuki ke venue. Untuk menjamin kesterilan venue, panitia akan menyemprotkan disinfektan tiga kali sehari, mulai dari pagi sebelum event berlangsung, siang hari dan malam setelah event selesai.

Saat rapat virtual berlangsung Direktur L’Etape Indonesia, Zacky Badrudin mengatakan bahwa keikutsertaan 1500 peserta ini berpotensi untuk mendatangkan sekitar 5000 wisatawan macanegara.

“Bukan hanya olahraga, tugas kami untuk membantu promosi pariwisata di Indonesia, khususnya NTB. Kami sudah mempromosikan event ini di sosial media secara global, sehingga akan dikenal hingga mancanegara” tegasnya.

Kapolres Lombok Tengah menambahkan ada beberapa kondisi jalan yang harus di antisipasi karena sampai saat ini masih dalam proses pengerjaan pembangunan jalan di ruas Mandalika.

“Ada beberapa lokasi yang harus di cek kembali untuk memastikan rute clear” tegasnya.

Perwakilan dari PHRI juga menambahkan bahwa akan disiapkan hotel-hotel yang sudah mendaptkan sertifikat CHSE (Clean Health Safety Environment) agar peserta extend lebih lama.

“Kami dari pihak perhotelan tengah menyiapkan hotel-hotel yang tersertifiksi CHSE dan promo-promo paket wisata di tiga Zona Hijau Pariwisata (Gili Tramena, Mandalika, dan Sembalun) agar para peserta bisa menikmati waktu lebih lama di Lombok” tutupnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button