DaerahHukum & KriminalSumateraSUMUT

Limbah Pabrik Diduga Berbau Busuk, Kadis LH Langkat Segera Turunkan Tim

BeritaNasional.ID, Langkat – Kadis Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Langkat, Iskandar Zulkarnain Tarigan berjanji akan segera menurunkan tim ke lokasi pabrik plastik PT Super Andalas Plastik (SAP) di Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumut, yang sempat di demo warga, beberapa waktu lalu.

“Nanti team dari LH akan cek ke lapangan segera mungkin bang,” kata Iskandar saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Senin (6/12/2021) siang.

Ditanya apakah ada izin amdal (dampak lingkungan) Iskandar mengatakan bahwa pabrik tersebut sudah memiliki dokumen perizinan UKL-UPL.

“Dokumennya bukan amdal tapi UKL-UPL saja bang, dan dokumennya sudah ada,” ujarnya.

Lantas kenapa warga menyoalkan tentang bau busuk diduga berasal dari limbah pabrik, selanjutnya Iskandar mengatakan, berjanji akan mencek kebenarannya.

“Makanya nanti kita cek kembali ke lapangan bang, apa sebenarnya ini,” sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, keberadaan pabrik plastik PT Super Andalas Plastik (SAP) yang beroperasi di Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat didemo warga. Aksi protes ini merupakan buntut dari masalah bau busuk limbah yang berasal dari pabrik plastik tersebut, yang diduga telah mencemarkan lingkungan.

Massa turun ke lokasi menggunakan angkutan kota (Angkot) dan turun tepat di depan pabrik. Pada aksi itu, massa menyampaikan beberapa sikap yang dituangkan dalam poster.

Masing-masing permintaan massa yakni, melakukan pemeriksaan kepada pengolahan limbah PT SAP yang saat ini diduga menimbulkan bau tak sedap, mempertanyakan izin impor limbah plastik, dan PT SAP harus berdayakan pemulung lokal. (Bayu)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button