SUMUTTanjung balai

Plt Wali Kota Tanjungbalai Laksanakan Kunker Dalam Minggu Terakhir

BeritaNasional.ID-TANJUNGBALAI SUMUT Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib didampingi OPD terkait melakukan kunjungan kerja dan beberapa kegiatan pemerintahan di Jakarta.

Kunjungan pertama Plt Wali Kota dilaksanakan pada Senin 29/11/21 ke Kementerian ESDM dalam rangka rapat koordinasi sekaligus penyampaian usulan Pemkot Tanjungbalai dan Pemkab Asahan terkait percepatan pengerukan sungai Asahan melihat kondisinya yang saat ini mengalami pendangkalan.

Selanjutnya, Plt Wali Kota Waris Thalib Selasa, 30/11/21 melanjutkan kunjungan kerja ke Kemendagri terkait bantuan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Mobil Tangga dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam membantu operasional di daerah

Dihari ketiga lawatannya di Jakarta, Plt Wali Kota di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan Rabu, 1/12/21menghadiri Penandatanganan Komitmen bersama dan kesanggupan untuk melakukan perbaikan dan pembenahan dalam rangka implementasi reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah yang digelar oleh deputi bidang koordinasi komunikasi informasi dan aparatur Kementerian Koordinator Bidang Hukum dan HAM (Kemenkopolhukam)

Acara dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Moh Mahfud MD, turut dihadiri di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Tjahjo Kumolo dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Adapun lima butir-butir komitmen bersama yang ditandatangani Plt Wali Kota Tanjungbalai yakni tersebut pertama Mendorong percepatan reformasi birokrasi di semua unit, dan atau perangkat daerah melalui komitmen untuk melakukan perubahan dan pembaharuan dengan meningkatkan budaya kerja yang bersih melayani, akuntabel, efektif efisien, dan pelayanan prima.

Kedua memperbaiki perencanaan program dan kegiatan yang terkait reformasi birokrasi melalui penyusunan peta jalan (Roadmap-red) reformasi birokrasi yang selanjutnya diakomodasi dalam dokumen perencanaan dan keuangan pemerintah daerah (RPJMD, Renstra, RKPD, Renja, dan APBD). Ketiga menyediakan sumberdaya, baik berupa sumberdaya anggaran, manusia dan sarana prasarana yang diperlukan, dalam mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan pemerintah daerah. Keempat memastikan pelaksanaan reformasi birokrasi disemua unit, dan atau perangkat daerah berjalan sesuai dengan dokumen perencanaan, serta mendorong keterlibatan aktif pimpinan unit, dan atau perangkat daerah. Terakhir melakukan pengendalian, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dalam rangka perbaikan yang akan dilakukan ditahun yang akan datang.

Terkait kondisi banjir yang terjadi di Kota Tanjungbalai, Waris menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk tetap bersabar, waspada dan berkordinasi dengan pihak terkait. Saat ini saya sedang melaksanakan tugas di luar daerah yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Saya sudah memerintahkan Pj Sekdakot Tanjungbalai untuk berkordinasi dengan pihak- pihak  terkait mulai BPBD, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Camat, Lurah dan Kepling untuk melakukan langkah langkah antisipasi dari segala hal.

Sebelum berangkat dalam pelaksanaan tugas di luar daerah, Plt Wali Kota bersama OPD terkait dan TNI Polri telah melakukan peninjauan langsung ke titik lokasi rawan banjir yang ada di Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur dalam rangka antisipasi penanganan banjir di Kota Tanjungbalai.(As18)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button