Daerah

Lomba Penilaian Kebersihan Tingkat Kecamatan Cisurupan Garut, Dalam Rangka Menyambut HUT RI Ke-77

Garut, Beritanasional.ID – Adanya kegiatan lomba kebersihan dan keindahan seluruh desa yang ada di Kecamatan Cisurupan, itu mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-77.

Sedangkan Tim penilai lomba tersebut, terdiri dari Forum Komunikasi Pemerintah Kecamatan ( Forkopimcam ) Cisurupan yang mengawali penilaian di Desa Situsari.

Dikatakan Ketua Tim Penggerak lomba kebersihan tingkat Kecamatan Bamin Komsos, Serka Edwar yang di dampingi oleh petugas dari UPT Puskesmas Cisurupan dan pegawai Kecamatan juga Babinkamtibmas Polsek Cisurupan. Menurutnya, dengan adanya lomba Penilaian Kebersihan Tingkat Kecamatan ini, dalam rangka menyambut HUT RI Ke-77.

” Kami disini memberikan penilaian sekaligus edukasi kepada 17 Desa yang ada di Kecamatan Cisurupan, Bahakan selain itu. Kami juga memberikan nilai atau poin tersendiri untuk setiap Desa yang terbebas dari sampah. Kami lihat semua ruangan kerja yang ada di setiap Desa termasuk salah satunya kebersihan lingkungan dan halaman kantor Desanya,” ujar Edwar pada saat diwawancarai Beritanasional.ID di kantor Desa Situsari, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa – Barat. Rabu, ( 3/7 ).

Namun ditempat yang sama, Beritanasional.ID sempat mewawancarai Sekertaris desa ( Sekdes ) bernama Aris. Disampaikan Aris, memang disini kami telah kedatangan kunjungan Tim Lomba Kebersihan dari Forkompimcam Cisurupan, kita disini semuanya dinilai. Dari mulai ruangan kerja, halaman kantor, hingga ke Toilet yang ada di Desa Kami.

” Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar dan ada sebagian yang mungkin harus kami perbaiki mengenai adanya kebersihan ini. Dalam penilaian tersebut, kami juga mendapat edukasi dan pemaparan bagaimana cara hidup bersih di tempat kerja maupun di lingkungan, ” kata Aris.

Semetara Ketua Tim Penilai ( TP ) Lomba Kebersihan, Serka Edwar selaku Bamin Komsos di Koramil 1115 Cisurupan. Dirinya mengungkapkan, lomba ini menjadi tolak ukur bagaimana antusiasme dan kekompakan pemerintah Desa, ibu-ibu PKK, dan warga dalam menyambut HUT RI ke-77. Utamanya dengan menjaga kebersihan dan keindahan ruangan maupun lingkungan yang ada di Desa, memasang umbul-umbul, serta memanfaatkan halaman kantor yang bersih dan indah di pandang mata.

“Alhamdulillah masyarakat cukup antusias dan gotong royong memperindah wilayahnya dengan umbul-umbul sehingga nuansa kemerdekaan semakin terasa. Bukan hanya karena perlombaan, sudah sepatutnya kebersihan dan keindahan di wilayah maupun di rumah masing-masing untuk terus terjaga. Apalagi kebersihan merupakan aspek penting dan sangat mempengaruhi imun tubuh di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,”terangnya.

Dia mengatakan, meski saat ini kita semua masih berada di masa pandemi, walaupun dengan berubah nama menjadi Endemi yang penuh keterbatasan, namun semangat perjuangan tahun 1945 harus terus digelorakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Masyarakat diharapkan untuk tetap tangguh, produktif, dan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Disisi lain Edwar sangat berharap, Ibu-ibu tim penggerak PKK di setiap Desa – Desa sebanyak 17 Desa yang ada di Kecamatan Cisurupan ini, agar senantiasa tetap menggerakan kegiatan Kebersihan di setiap wilayahnya masing-masing.

Saya selaku Ketua Tim Pelaksana Lomba mengharapkan, masyarakat tetap memperingati kemerdekaan meski dalam situasi Endemi ini.

“Ini tentunya terkait dengan maksud walaupun kita ini masih dalam masa Endemi yang masih belum terbebas dari pandemi Covid-19 tetapi aktivitas masyarakat tidak boleh berhenti. Tetap dinamis dan semangat. Oleh karena itu, kita menyambut hari proklamasi, aktivitas itu tetap harus jalan,” tutur Edwar.

Asisten I Setda Buton ini menambahkan, salah satu tujuan dari lomba ini adalah tetap memotivasi masyarakat.

“Bagaimana kita tetap melaksanakan tugas dengan semestinya dan yang paling penting adalah semangat hidup, punya harapan yang besar walaupun kita menghadapi suatu tantangan, yaitu Covid-19, tetapi semangat hidup tetap berfikir positif. Dan terus melakukan aktifitas dengan sebaik-baiknnya.

Adapun beberapa kriteria yang menjadi penilaian pada lomba ini antara lain, kebersihan lingkungan, umbul-umbul, drainase atau selokan, pemanfaatan kebersihan halaman dan lain – lain.

” Sehingga nantinya pemenang dan penyerahan hadiah akan diumumkan usai upacara mengenang Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan pengibaran bendera Merah Putih di Halaman Kantor Kecamatan Cisurupan, pada tanggal 17 Agustus 2022, pungkasnya ( Diky ).
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button