BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Mapolsek Taman Krocok Bondowoso Dapat Kunjungan Studi Dari Murid-murid SMPN 1 Taman Krocok

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Sebanyak 50 Siswa dan Siswi SMPN 1 Taman Krocok melakukan kunjungan studi ke Mapolsek Taman Krocok untuk mengenal lebih dekat dengan Tupoksi Polisi, Kamis (11/05/2023).

Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, SH. S.I.K. melalui Kapolsek Taman Krocok Iptu I Nyoman Subur mengatakan, siswa/siswi SMPN 1 Taman Krocok berkunjung ke Kantor Polsek Taman Krocok untuk menambah pengetahuan dan lebih mengenal lebih dekat tugas Polisi sehari-hari, ” ucap Kapolsek.

Disamping itu, lanjutnya, tugas Polisi adalah deteksi dini. Salah satunya mendeteksi kenakalan pelajar yang akan melakukan tawuran dan bertindak melanggar aturan hukum.

Ditambahkan, jadi Polisi fokus kepada persoalan konflik dilingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah.

Tidak hanya itu, peran Polisi juga melakukan pembinaan dan memberikan sanksi bagi mereka yang melanggar Hukum.
“Kami akan menindak mereka yang melanggar hukum dan mengganggu Ketertiban dan keamanan masyarakat, berbuat onar dan mengganggu ketentraman masyarakat, ” tambahnya.

Jadi, lanjutnya, tugas Polisi adalah menjaga Ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat dan yang berhubungan dengan hukum. Maka kami harap adik-adik siswa/siswi SMPN 1 Taman Krocok agar ikut menjaga Keamanan dan ketertiban, khususnya di lingkungan sekolahnya, ” pungkas Kapolsek Taman Krocok.

Sementara itu, Kepala Sekolah (KS) SMPN 1 Taman Krocok, Mohammad Hairul, M.Pd., mengatakan, kegiatan mengunjungi kantor Polsek Taman Krocok merupakan program lanjutan dari hari Pekan Ki Hajar Dewantara dan upaya sekolah dalam menerapkan filosofinya.

“Penerapan filosofi Ki Hajar Dewantara berlangsung selama 2 minggu. Minggu pertama Muspika yang mengunjugi kita, minggu kedua sebaliknya, kita yang berkunjung ke Muspika,” ucap Hairul.

Ide saling kunjung ini, lanjutnya, merupakan ide dari Camat Taman Krocok. “Ketika saya akan mengundang pimpinan Muspika ke sekolah, Camat meminta kepada saya supaya sesekali siswa juga diajak untuk berkunjung ke Kantor anggota Muspika plus,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua OSIS (Ketos) SMPN 1 Taman Krocok, Muhammad Bayu Saputra, mengatakan, dirinya bersama teman-temannya sangat semangat mengikuti pembelajaran bersama Muspika Kecamatan Taman Krocok.

“Saya dan teman-teman sangat senang sekali mendapatkan pengalaman baru dalam kunjungan belajar. Apalagi kita belajar kepada mereka yang memang ahli dalam bidangnya,” kata Bayu, sapaannya.

Siswa kelas IX B itu menambahkan, selama kegiatan berlangsung, ada tugas-tugas yang diberikan kepada siswa di sekolah.
“Tugas tersebut berupa lembar kerja. Isinya meliputi nama lembaga yang dikunjungi, alamat, pimpinan lembaga, dan apa saja layanan yang ada di lembaga tersebut, bagaimana proses untuk mendapatkan layanan, jam berapa waktu layanan dan yang terakhir struktur organisasi,” urainya.

Disamping mendapatkan materi dari Mapolsek, lembar kerja juga berfungsi untuk mengenalkan instansi-instansi yang dikunjungi kepada siswa. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button