AcehDaerah

Medco Serah Alat Uji PCR Untuk RSUD Zubir Mahmud

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR — Dukungan PT Medco E&P Malaka kepada Pemerintah dan masyarakat Aceh Timur untuk mencegah penyebaran Covid-19 terus dilakukan.

Kini, dukungan diberikan dalam bentuk pengadaan fasilitas dan alat uji PCR termasuk pelatihan kepada petugas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud di Aceh Timur.

Fasilitas dan alat uji PCR tersebut telah dimanfaatkan oleh pihak RSUD sejak Mei 2021, setelah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan.

Seremoni serah terima dilakukan pada Sabtu (28/8) oleh Manajemen Medco E&P kepada Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib di RSUD Zubir Mahmuddi yang disaksikan oleh Direktur RSUD Zubir Mahmud dr. Edi Gunawan MARS, Perwakilan DPRK Aceh Timur serta aparat Pemerintah lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Aceh Timur atau yang akrab disapa Bupati Rocky mengapresiasi pengadaan fasilitas dan alat uji PCR yang dibutuhkan masyarakat Aceh Timur oleh Medco E&P.

“Alat ini sangat dibutuhkan RSUD untuk dapat segera mendeteksi apabila terdapat masyarakat yang diduga terpapar COVID-19 sehingga dapat segera ditangani dan mencegah penyebaran lebih lanjut” ujar Bupati Rocky.

Sementara itu, Direktur RSUD Zubir Mahmud dr Edi Gunawan MARS mengatakan bahwa pengadaan fasilitas dan alat uji PCR sebelumnya dibutuhkan oleh masyarakat di Aceh Timur agar proses tes tidak perlu dilakukan di Banda Aceh seperti sebelumnya.

Selain itu, tim RSUD Zubir Mahmud bersama Tim Satgas Penanganan COVID-19 Aceh Timur juga dapat segera mendeteksi dengan lebih cepat dan akurat apabila terdapat masyarakat teridentifikasi COVID-19.

“Terima kasih atas bantuan fasilitas ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dan Rumah Sakit” ujar dr Edi.

Direktur Utama Medco E&P Ronald Gunawan mengatakan penyerahan fasilitas dan alat uji PCR ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Perusahaan dalam mendukung upaya Pemerintah dalam mendeteksi dan mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami berharap alat ini dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari upaya kita semua untuk membantu masyarakat Aceh Timur terutama di masa Pandemi selain bantuan lain yang telah disalurkan Perusahaan untuk membantu penanganan dampak sosial akibat pandemi,” ujar Ronald Gunawan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button