Daerah

Melalui Keaksaaran Berdayakan Masyarakat Usia Produktif

Program KKN PPM FKIP Universitas Cenderawasih.

BeritaNasional.Id, Papua — Kegiatan pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih Papua berlangsung di Kampung Dagimon, Distrik Obaa, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.

Kegiatan yang mengusung tema literasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat usia produktif melalui kemampuan keaksaraan. Kegiatan ini digelar sejak 26 Juli hingga 26 Agustus 2019. Hal tersebut disampaikan, Claudia Watory salah seorang Mahasiswi semester 5, peserta KKN-PPM Prodi PGSD, FKIP Universitas Cenderawasih Papua saat ditemui, Rabu 28 Agustus 2019.

Claudia Watory mengungkapkan jika pelaksanaan kegiatan pengabdian tersebut disambut baik masyarakat setempat termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi. Kata dia, melalui program ini dapat membantu keaksaran pada masyarakat usia produkif di Kabupaten Mappi yang dikategorikan sebagai salah satu daerah buta aksara.

“Kami diterima dengan baik oleh pemerintah setempat, dan respon masyarakat untuk belajar juga sangat baik. Ilmu yang mereka telah perolah dapat diterapkan kepada anak-anak, dikarenakan sebagian besar anak usia sekolah belum mengenal huruf, dan baca-membaca,”ungkap Claudia Watory.

Pemberdayaan masyarakat usia produktif melalui kemampuan keaksaraan.

Salah seorang Dosen Prodi PGSD, FKIP Universitas Cenderawasih Sudaryana menambahkan sasaran kegiatan ini pada masyarakat usia produktif, harapannya adalah  dengan meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung serta keterampilan fungsional dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di kampung Dagimon.

Lanjut,  Sudaryana mengatakan melalui  kegiatan ini pula diharapkan masyarakat  mampu  menggali potensi dan sumber-sumber kehidupan yang ada dilingkungan sekitar  dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan melalui kemampuan kekasaraan masyarkat mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini bertujuan pula untuk memberi kesempatan Mahasiswa peserta KKN PPM mendapatkan pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat yang menjadi wahana penerapan dan pengembangan ilmu diluar kampus “jelas Sudaryana.

Sekedar diketahui, KKN PPM ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan empati mahasiswa kepada masyarakat dengan melihat, mengetahui, merasakan dan menghayati permasalahan dan kesulitan masyarakat. Kegiatan ini pula mengimplementasikan kegiatan belajar masyarakat melalui kegiatan literasi keluarga dan kampung literasi. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia melakukan pemberantasan buta aksara.

Editor : Ilham

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close