Hukum & KriminalNasional

Memalukan … Bantuan Menteri Pertanian Untuk Lima Kabupaten Dijarah Massa di Wajo

image_pdf

BeritaNasional.ID Wajo — Niat baik pemerintah untuk memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat petani untuk lima wilayah kabupaten berakhir tragis dan tergolong memalukan. Penyaluran bantuan sarana dan prasarana serta hewan ternak dari Kementerian Pertanian RI di kawasan wisata Rumah Adat Atakkae Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, berujung aksi penjarahan, Rabu 6/3/2019.

Tak ada yang tau persis siapa yang memulai aksi beringas, menjarah hewan ternak kambing dan ayam, bahkan bantuan bibit, yang sedianya diperuntukkan untuk Kelompok Tani dari Kabupaten Soppeng,Sidrap, Pinrang, Bone dan Wajo.

Seperti dilansir kliksulsel.com, Aksi penjarahan tersebut berlangsung kian beringas karena petugas keamanan yang berada di lokasi tersebut tak mampu berbuat banyak untuk menghalau aksi penjarahan masyarakat.

Peristiwa ini tentu menjadi tamparan keras bagi Pemerintah Kabupaten Wajo sebagai tuan rumah meskipun para pelaku belum teridentifikasi, apakah dilakukan oleh warga tuan rumah Kabupaten Wajo atau justeru dari daerah tetangga penerima bantuan.

“Bantuan itu diperebutkan orang, siapa yang kuat itu yang dapat banyak, padahal bantuan itu sudah ada peruntukannya seperti kelompok tani, saya anggap itu penjarahan dan bagaimana soal pertanggungjawabannya,” kata seorang warga,

Sekedar diketahui, total bantuan yang disalurkan Menteri Pertanian (Mentan) RI di Kabupaten Wajo sekira Rp190 milliar rupiah dalam bentuk sarana dan prasarana pertanian serta hewan ternak yang  diperuntukkan untuk Kelompok Tani dari Kabupaten Soppeng,Sidrap, Pinrang, Bone dan Wajo.

Hingga berita ini dirilis belum ada keterangan resmi dari pihak Kementerian Pertanian maupun Pemerintah Kabupaten Wajo terhadap aksi tak terpuji yang dilakukan sekelompok masyarakat itu.
(tim)

Show More

Related Articles

Close