DaerahJawa TimurReligiSitubondo

Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, PCNU Situbondo Gelar Berbagai Kegiatan

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, PCNU Kabupaten Situbondo melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya kirab lampion yang diikuti sekitar 599 peserta dari Muslimat NU, Fatayat NU, Pagar Nusa NU, Banser dan Banom – Banom PCNU Situbondo lainnya, Kamis (27/07/2023).

Kirab Peringatan Tahun Baru Islam yang menempuh rute Jalan Madura, Jalan Ijen, Jalan Argopuro, Jalan Basuki Rahmat Situbondo ini dipimpin langsung oleh Ketua PCNU Kabupaten Situbondo Dr. KH. A. Muhyiddin Khotib dan mendapat pengawalan dari Polsek Panji serta Satlantas Polres Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Ketua PCNU Kabupaten Situbondo Dr. KH. A. Muhyiddin Khotib mengatakan bahwa, bukan hanya kirab lampion saja dalam peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, namun PCNU Situbondo juga melaksanakan pengajian dan doa bersama. “Kirab dan pengajian serta doa bersama pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah ini, diikuti 599 orang dari perwakilan Muslimat NU, Fatayat NU, Banser, Pagar Nusa dan Banom PCNU Situbondo yang lainnya,” jelas Ketua PCNU Situbondo.

Lebih lanjut, Dr. KH. A. Muhyiddin Khotib memgatakan, selain kegiatan tersebut diatas, PCNU Situbondo juga menyantuni 100 anak yatim dan membagikan Bubur Sora yang dilaksanakan secara simbolis. “Tahun baru Islam adalah identitas dan kebanggaan bagi umat Islam yang berbeda dari tahun Masehi, Imlek dan sebagainya,” jelasnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Dr. KH. A. Muhyiddin Khotib, namun dia juga menyampaikan nahwa peristiwa 1 Muharram atau yang disebut dengan hijrahnya Nabi Muhammad SAW sudah menjadi tradisi bagi umat Islam Indonesia. Hal ini mengingat banyak pesan dan pelajaran yang dapat ambil dari peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram itu.

“Untuk itu, saya berharap momentum tahun baru Islam bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Karena mengandung pesan-pesan yang bermanfaat yang harus dilaksanakan secara ikhlas. Seperti pesan menjaga persaudaraan, menjaga kesetaraan, menjaga persamaan, dan memelihara toleransi di antara sesama,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

PC Muslimat NU Situbondo ketika mengikuti kirab peringatan tahun baru Islam (Heru Hartanto/BeritaNasional.ID)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button