Daerah

Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid 19, KSOP Klas lV Panarukan Gelar Rapid Test

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Dalam mencegah penyebaran Covid 19, KSOP Kelas IV Panarukan bekerja sama dengan Pelindo III Surabaya mengadakan kegiatan Rapid Test di Pelabuhan Panarukan, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Selasa (9/6/2020).

Aziz Syamsi, panitia pelaksana menjelaskan bahwa, kegiatan Rapid Test bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, target sasaran Rapid Test sebanyak 1400 masyarakat umum yang tersebar disekitar wilayah pelabuhan panarukan.

“Alhamdulillah hari pertama ini, masyarakat sangat antusias mulai berdatangan untuk melakukan rapid tes gratis dan kita stop jika sudah mencapai target yaitu 500 orang karena kasihan sama petugas medisnya. Para tim medis dilengkapi dengan pakaian APD lengkap dan sangat luar biasa,” ucapnya.

Lebih lanjut, beliau menambahkan, bahwa jika ditemukan ada yang menunujukkan hasil reaktif disaat pemeriksaan rapid test, maka pihak kita akan langsung berkoordinasi serta diserahkan kepada Pihak Dinas Kesehatan Situbondo, supaya segera ditangani sesuai prosedural protokol kesehatan.

“Kita ketahui daerah Situbondo rawan, ada sebagian wilayah zona merah, maka kami berharap semua masyarakat Situbondo bebas dari Covid 19,” ujarnya.

Semetara itu, Tomi Rudyanto, S.Pi., M.M., selaku Kasi Kemitraan Nelayan Penerapan Iptek dan Lingkungan Dinas Perikanan Situbondo mengucapkan terima kasih kepada KSOP Kelas IV Panarukan dan Pelindo III Surabaya, karena telah mengadakan rapid test masal secara gratis kepada masyarakat umum, khususnya para nelayan yang ada disekitar pelabuhan Panarukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19.

“Disaat pandemi Covid 19 seperti saat ini, para nelayan membutuhkan surat keterangan kesehatan dari Puskesmas setempat agar bisa melakukan penangkapan ikan diluar Jawa seperti di Bali salah satu contohnya, jika tanpa surat kesehatan para nelayan tidak diperbolehkan mendaratkan ikan di TPI Bali,” tuturnya.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close