Nasional

Mendagri Janjikan Hadir Jika Pemda Buat Gerakan Pembagian 1 Juta Masker untuk Masyarakat

BeritaNasional.ID, Palangkaraya – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menjanjikan untuk dapat hadir dan mendukung secara langsung jika ada Pemerintah Daerah yang membuat gerakan pembagian 1 juta masker untuk masyarakat.

“Jika ada daerah lain yang bisa pecahkan rekor MURI seperti di Gowa, saya berjanji akan hadir langsung ke daerah tersebut,” kata Mendagri.

Sebagaimana diketahui, Gerakan Satu Juta Masker yang diinisiasi oleh Pemda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Gerakan ini pun membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian salut. Bahkan, Mendagri ‘menantang’ daerah lain untuk mengikuti jejak Kabupaten Gowa, membuat gerakan satu juta masker yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.

Mendagri pun berharap, gerakan bagi sejuta masker seperti dilakukan Pemda Gowa dapat ditiru oleh Pemda-Pemda lainnya, baik itu pemerintah provinsi, kabupaten atau kota. Jika 548 Pemda yang ada di Indonesia membagikan masker dalam jumlah massif untuk seluruh rakyatnya, terutama yang kurang mampu dan mereka memakainya, Mendagri berkeyakinan akan terjadi penurunan kurva penularan, tidak hanya di tingkat lokal tapi juga di tingkat nasional.

“Kalau seandainya masyarakat memakainya berdasarkan banyak penelitian, itu kurvanya akan menurun, karena media atau cara untuk transmisi penularan itu menjadi terblok oleh adanya masker, baik itu percikan, maupun melalui objek, maupun juga melalui aerosol. Ada masker menjadi pengingat kita, dan masker ini perlu disosialisasikan agar menjadi bagian dari kita, seperti kita menggunakan pakaian, kira-kira begitu,” katanya.(Rls/Br)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button