Nasional

Pencairan NPHD di Kalteng 100 Persen, Mendagri Beri Hadiah Anjungan Dukcapil Mandiri

BeritaNasional.ID, Palangkaraya – Pencairan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kalimantan Tengah telah mencapai 100 persen. Atas kepatuhan pencairan untuk KPUD, Bawaslu dan Pengamanan sebesar 100 persen itu, Mendagri mengapresiasi dengan memberikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

“Apresiasi saya kepada pemerintah kepala daerah Provinsi Kalteng dan Bupati Kotawaringin Timur itu semua sudah 100% untuk KPU Bawaslu aparat keamanan, jadi tidak ada alasan KPU-Bawaslu tidak bergerak,” puji Mendagri.

Dalam Rakor Kesiapan Pemilihan Pilakada Serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Minggu (19/07/2020), Mendagri juga memuji Gubernur Kalimantan Tengah dan Bupati Kotawaringin Timur atas realisasi tersebut.

“Tapi sekali lagi penekanan saya dengan adanya realisasi ini, dari hati, dari hati saya yang paling dalam, paling tinggi, paling luas dan paling banyak saya ucapkan terima kasih Pak Gubernur dan Pak Bupati,” tambahnya.

Selama lawatannya untuk mengecek kesiapan Pilkada, Mendagri secara jujur mengakui pencairan NPHD sebesar 100 persen untuk 3 elemen yakni KPUD, Bawaslu, dan pengamanan baru terjadi di Kalimantan Tengah.

“Saya sudah muter lebih dari 10 daerah Provinsi, saya lega betul karena di beberapa tempat, Kalimantan Utara saya lihat untuk KPU-Bawaslu-nya hampir semuanya, hampir, tidak semua, hampir semuanya 100%, tapi aparat keamanan masih ada 1-2 yang belum, saya ke KPU Banjarmasin Kalimantan Selatan, dari 9 daerah 8 itu hampir 100%, kecuali aparat keamanan; Polri-TNI, ada yang kurang belum 100%, ada 1 Kabupaten yang belum, bahkan provinsinya juga ada yang belum 100%, tapi hari ini saya melihat satu-satunya provinsi yang lengkap, yang lengkap sudah ini yaitu 2 pemilihan ini untuk KPU 100%, Bawaslu 100%, aparat keamanan 100%,” bebernya.

Dengan pencairan sebesar 100 persen tersebut, Mendagri mengaku optimistis Pilkada dapat berjalan lancar.

“Jadi saya cukup optimis ini akan berlangsung, nah persoalannya adalah bagaimana agar membuat Pemilu ini Pemilu Pilkada di Kalimantan Tengah dan di Kotawaringin Timur karena ini Pemilukada Gubernur akan ke seluruh kabupaten/kota ini, artinya meliputi seluruh provinsi dan kemudian juga daerah-daerah lain di Indonesia 270 daerah,” ujarnya.(Rls/Br)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close