DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

Mengasah Naluri Tempur, Anggota Kodim 0823 Situbondo Latihan Menembak

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk mengasah naluri tempur prajurit dan mahir dalam menembak, Anggota Kodim 0823/Situbondo melaksanakan latihan menembak senjata ringan yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Kodim 0823 Situbondo X514 Kotakan, Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo, Senin (13/6/2022).

Komandan latihan Kapten Inf Basuki Rahmat S.Sos, dalam pengarahanya megatakan, Latbaktatri ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan menembak para personel dalam menggunakan dua jenis senjata, yaitu senapan dan pistol.

“Untuk senapan yang digunakan jenis SS1 V3, sedangkan pistol menggunakan FN. Program latihan ini juga sebagai tolak ukur dari latihan menembak sebelumnya sesuai prinsip-prinsip latihan, dimana latihan harus dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” jelas Komandan latihan Kapten Inf Basuki Rahmat dihadapan peserta latihan menembak.

Setelah memberikan mekanisme latihan, Kapten Inf Basuki Rahmat, kemudian memberikan materi singkat tentang tiga teknik dasar dalam menembak. “Untuk menghasilkan tembakan yang bagus, maka kita harus Pedomani Nabitepi (Napas, Bidik, Tekan Picu),” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapten Inf Basuki Rahmat dalam pengarahannya dihadapan peserta latihan menembak mengatakan, untuk senjata senapan, tiap anggota harus menembakan 13 butir peluru dengan jarak tembak 100 meter, dengan rincian 3 butir tembakan pengelompokan dan 10 butir untuk penembakan penilaian.

“Sedangkan, untuk menembak pistol, jumlah pelurunya sama dengan senapan dengan sikap berdiri, 3 butir tembakan pemanasan dan 10 butir tembakan penilaian. Dalam membidik sasaran kita tetap pedomani Nabitepi,” jelas Kapten Inf Basuki Rahmat.

Tak hanya itu yang disampaikan Komandan Latihan, namun Kapten Inf Basuki Rahmat juga menjelaskan, dalam mengasah dan meningkatkan kemampuannya menggunakan senjata laras panjang, maka menembak kali ini mencari kalibrasi atau nol benar pada senjata perorangan jenis SS1 V3. Karena hal ini mutlak perlu dilaksanakan demi meningkatkan ketangkasan dan kemahiran bagi prajurit. “Ingat dalam latihan menebak ini utamakan faktor keamanan,” pesan Kapten Inf Basuki Rahmat.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button