LangkatNasionalOlahragaSumatera UtaraSUMUT

Menpora, Wagubsu, Pangdam dan Plt Bupati Langkat Hadiri Race Day BLOT di Bahorok

BeritaNasional.ID, LANGKAT SUMUT – Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo beserta Ibu Menpora, Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah, Ibu Wagubsu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin, bareng bersama hadiri acara Race Day Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) Tahun 2023, bertempat di Race Village, Terminal Atas Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumut, Sabtu (26/05/2023).

Ratusan peserta mengikuti kegiatan lomba Bukit Lawang Orangutan Trail pada tahun 2023, dimana dalam perlombaan terdapat 3 kelas yang di perlombakan yakni dengan jarak 7 Km, 25 Km dan 50 Km.

Adapun pemenang lomba Bukit Lawang Orangutan Trail dengan jarak tempuh 7 Kilometer katagori TNI/Polri:

1. Peringkat pertama diraih anggota Yonif 100 Raider PS

2. Peringkat kedua diraih anggota Yonif 125/Simbisa

3. Peringkat ketiga di raih anggota Arhanud 11/WBY

Pemenang lomba Bukit Lawang Orangutan Trail dengan jarak tempuh 7 Kilometer katagori umum laki-laki:

1. Peringkat Pertama di raih Bambang Purnomo

2. Peringkat ke dua diraih M.Hasnul

3. Peringkat ke tiga diraih Latu Gangana

4. Peringkat ke empat diraih NA Abdila Bin Nurdin (Malaysia)

5. Peringkat ke lima diraih Dedi Iskandar

Pemenang lomba Bukit Lawang Orangutan Trail dengan jarak tempuh 7 Kilometer umum katagori perempuan:

1. Peringkat pertama diraih Eva Dwi Sukma

2. Peringkat ke dua diraih Siti  (Malaysia)

3. Peringkat ke tiga diraih Febi Selfia

4. Peringkat ke empat diraih Sumiti

5. Peringkat ke lima diraih Bakti Utami

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin, menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadirannya Bapak Menpora, Wakil Gubernur Sumut, Pangdam I/BB di lokasi wisata Bukit Lawang di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat dalam acara Bukit Lawang Orangutan Trail.

“Momen ini sangat luar biasa, kami berharap kepada bapak Menpora nantinya kembali mendapat kesan dan pesan baik dari Bumi Bertuah Kabupaten Langkat ini,” harapnya.

“Dengan diadakannya momen seperti ini yang dihadiri bapak Mentri, sangat membangkitkan semangat kami agar nantinya untuk mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Langkat,” ujarnya lagi.

Meskipun masih ada kekurangan yang harus dibenahi baik dari sarana dan prasaran, masih membutuhkan penunjang untuk mencapai visi dan misi.

Selanjutnya Afandin berterimakasih tak terhingga atas kinerja segenap panitia, sponsor dan seluruh peserta dari 14 negara terlaksananya event ini. “Saya harap event ini nantinya  lebih besar lagi menjadi event internasional dan hadiah yang ditingkatkan kembali untuk mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Menpora mengapresiasi kepada Bapak Wakil Gubernur, Pangdam, Plt Bupati Langkat, panitia dan sponsor atas terselenggaranya acara ini dengan baik. “Saya harap tahun depan agar acara Bukit Lawang Orangutan Trail lebih meningkat lagi,” harapnya.

Secara khusus, Menpora mengapresiasi yang sangat luar biasa kepada Wagubsu yang telah membuat gebrakan yang sifatnya bertujuan positif. Saya harap tahun depan peserta meningkat menjadi dua kali lipat untuk mengikuti kegiatan ini.

“Saya yakin Bukit lawang ini mempunyai magnet yang luar biasa sehingga saya juga sangat ingin berkunjung di Bukit Lawang dengan adanya ikon Orangutan. Momen ini sudah sangat pas dengan menyatukan wisata dan olahraga sehingga mendatangkan turis dari mancanegara,” katanya.

“Saya akan laporkan kepada bapak Presiden tentang masih adanya jalan bolong (berlubang) yang menuju ke lokasi ini, dan saya akan bicarakan agar nantinya Bapak Presiden diacara Reli bulan November untuk menyempatkan berkunjung di Bukit Lawang atau di Tangkahan,” lanjutnya.

Sementara itu, Jelita Saragih CEO/ketua panitia mengatakan suatu kehormatan atas kehadiran Menpora di acara Bukit Lawang Orangutan Trail.

“Event ke dua yang kami buat untuk membangun dan meningkatkan minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung di Bukit Lawang. Semangat kawan-kawan para penggiat wisata serta dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah bahkan pemerintah pusat sangat diharapkan  demi kemajuan Bukit Lawang,” ungkapnya.

Even ini, lanjut Jelita, yang di tunggu-tunggu bagi pencinta lari trail, tampak dari jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 700 orang peserta dari 14 negara, dan memperdayakan SDM sebanyak 300 orang.

Turut hadir langsung diacara itu, diantaranya Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo beserta Ibu Menpora, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah, beserta Ibu Wagubsu, mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Dandim 0203/LKT Letkol Inf. Eko Prasetio, Sekda Langkat Amril, Ketua Golkar Langkat Tiorita Br Surbakti, para anggota DPRD Sumut yang berhadir, para Anggota DPRD Langkat yang berhadir, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, dan  kepala Perangkat Daerah Kabupaten Langkat yang berhadir, dan para tamu undangan lainnya yang berhadir. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button