HeadlineNasionalPemerintahan

Mentan Pastikan Sri Mulyani Segera Keluarkan SK Tambahan Pupuk Subsidi

BeritaNasional.ID, Jakarta — Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan agar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tambahan pupuk subsidi tersebut akan ditambah sebanyak 9,55 juta ton.

Hal itu ia sampaikan dalam keterangan resmi usai rapat terbatas (ratas) terkait persoalan pangan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (20/03/2024).

“Ini kabar baik bagi petani Indonesia. DIPA-nya (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) akan segera dikeluarkan sesuai kesepakatan kita bersama Menteri Keuangan,” ujarnya.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, hingga Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi.

Menurut Amran, pemerintah juga berencana melakukan pemenuhan air melalui pompanisasi di pulau jawa yang mencapai 500.000 hektare. Sedangkan 500.000 hektare lainnya ada di luar pulau Jawa. Ia mengatakan dananya berasal dari Anggaran Biaya Tambahan atau ABT sebesar 5,8 triliun.

Kementerian Pertanian juga akan menyiapkan benih unggul untuk masa tanam kedua tahun ini, baik padi maupun jagung. Seluruh benih, kata dia, nantinya akan dibagikan secara gratis yang ditanam pada lahan 2 juta hektare di seluruh Indonesia. Dia berharap berbagai upaya ini mampu membawa Indonesia mewujudkan swasembada.

Amran mengklaim produksi jagung saat ini sudah naik, bahkan surplus pada Januari, Februari, Maret sebanyak 1 juta ton dibanding tahun sebelumnya. Karena itu, ia menekankan saat ini yang perlu dilakukan adalah proses penyerapan.

Sebelumnya, Amran juga meminta berbagai daerah melakukan gerakan pompanisasi, khususnya daerah yang hingga kini tidak diguyur hujan. Dia menilai pompanisasi merupakan solusi cepat untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Amran menyebut pompanisasi juga sebagai solusi cepat untuk menangani fenomena alam El Nino saat ini, khususnya pada sungai-sungai yang tidak kering.

“Jawa timur ada ribuan hektar yang bisa kita airi dan dekat dengan bengawan solo. Insyaallah kami siapkan pompa untuk ini,” imbuhnya. (Ay/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button