Jawa Timur

Menuju Lapas Bersinar, Lapas Probolinggo Gelar Razia Kamar Hunian Warga Binaan

Beritanasional.id,-PROBOLINGGO
Dalam upaya menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo tetap kondusif, Kamis malam (29/6), Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) menggelar kegiatan razia insidentil di blok hunian.

Risman Somantri, selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo yang memimpin kegiatan razia tersebut mengungkapkan bahwa razia rutin seperti ini merupakan upaya jajaran Lapas Kelas IIB Probolinggo untuk memastikan tidak ada barang-barang ilegal / terlarang beredar di dalam blok hunian.

“Rutinitas razia blok hunian seperti ini harus terus dilaksanakan, tidak hanya bersama tim Satops Patnal, namun razia dapat juga melibatkan pihak luar seperti Kepolisian maupun TNI, ini sangat penting untuk dipahami bersama dimana keterlibatan pihak luar Lapas akan semakin menunjukkan bahwa jajaran pemasyarakatan khususnya Lapas Probolinggo sangat terbuka untuk dilakukan pengawasan dari masyarakat luas“, ujar Risman.

Di sisi lain, Risman berharap kegiatan razia ini dapat meminimalisir potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang disebabkan adanya barang-barang terlarang yang dimiliki oleh warga binaan.

“Gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas/Rutan pada umumnya terjadi karena adanya kepemilikan barang-barang terlarang seperti handpone, narkoba, senjata tajam dan berbagai barang lainnya, karena dengan hadirnya barang-barang tersebut dapat memicu ketidaknyamanan sesama warga binaan sehingga akan menimbulkan potensi konflik yang memungkinkan berakhir dengan perkelahian maupun kerusuhan. Untuk itu saya berpesan agar kegiatan seperti ini terus digalakkan setiap waktu“, tegas Risman.

***Onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button