BulukumbaDaerahSulawesi

Menyusun Ramadhan Planner, Kunci Sukses Mengarungi Ramadhan

BeritaNasional.ID, BULUKUMBA – Muslimah Wahdah Bulukumba menggelar Daurah Ramadhan Muslimah (DRM). Serentak di 10 kecamatan, kegiatan ini memberikan tips jitu managemen waktu di bulan Ramadhan.

“Solusi mendapatkan berkah Ramadhan ibu-ibu, yang pertama, menghadirkan niat. Karena amalan tergantung niatnya. Kedua, banyak berdoa, silakan kita buat memang mi list-list doa ta, ibu. Ketiga, banyak-banyak beristighfar. Minta maaf ki sama suami ta bagi yang sudah berkeluarga. Jangan sampai amalan kita ditolak karena suami tidak ridho dengan kita.” Jelas Ustadzah Asnani.

Lanjutnya, tips berikutnya adalah berilmu. Supaya puasa kita berkualitas karena adanya ilmu yang kita aplikasikan.

Yang terakhir dan tak kalah penting ialah membuat perencanaan.

Lebih lanjut, Ustazah Asnani mengutarakan bahwa perencanaan yang dimaksud adalah membuat Ramadhan Planner seperti target berapa kali khatam Alquran, target ifthar dan sedekah, berusaha meraih keutamaan lailatul qadr, membuat program Ramadhan bersama keluarga, serta membentuk follow up dari madrasah Ramadhan.

“Mulai dari sekarang ibu-ibu, latih memang mi diri ta mengaji banyak-banyak supaya terbiasa maki kalo sudah Ramadhan. Tidak poso maki kejar target karena sudah terlatih. Pekerjaan berat yang biasanya dikerjakan di akhir-akhir Ramadhan, kita kerja memang sebelum masuk Ramadhan supaya di sepuluh hari terakhir Ramadhan bisa ki fokuskan untuk beribadah.” Paparnya dengan penuh semangat kepada peserta.

Sebelum mengakhiri materi, ASN RS Sultan Daeng Raja Bulukumba ini menghimbau agar budaya cat rumah, bersih-bersih gorden dan sebagainya bisa selesai sebelum memasuki awal Ramadhan.

“Kecuali bikin buras dan kue mentega tidak dianjurkan karena bisa habis sebelum Ramadhan berakhir.” Hal ini pun disambut tawa oleh para peserta.

Mengusung tema, “Sejuta Harapan Wujudkan Ramadhan Penuh Berkah” dengan tujuan menjadi wasilah atau perantara bagi para muslimah untuk belajar tentang fiqih puasa serta persiapan amalan-amalan, serta meraih keberkahan bulan suci Ramadhan. Hal ini diungkapkan oleh Ustazah Irmawati selaku Ketua Unit Dakwah MWD Bulukumba.

DRM Nasional ini disambut hangat oleh para muslimah, tak terkecuali aparat pemerintah dan tokoh perempuan yang sempat menyuarakan apresiasi ketika menyampaikan sambutan. Sebut saja Andi Thahraeni Asmat, S.E., M.Si. selaku Sekretaris Camat Kajang.

“Kami atas nama pribadi sekaligus atas nama pemerintah mengapresiasi pelaksanaan kegiatan DRM Nasional ini, yang insya Allah akan membawa berkah untuk kita semua yang hadir di sini,” ujar Andi Thahraeni yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Tanah Jaya, Kecamatan Kajang. (Biru/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button