Daerah

Meriahkan Acara Perayaan Hubungan Diplomasi, Tari Saman Galus AkanTampil di PBB

BeritaNasional.ID-Gayo Lues,Aceh-Dalam rangka memeriahkan acara perayaan hubungan diplomasi ke-70 Indonesia dan negara-negara di dunia. Kesenian Tari Saman Gayo Lues akan ditampilkan di gedung Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tepatnya di New York, Amerika Serikat.

Mensukseskan acara tersebut, rencananya, graup tari saman yang hanya dimainkan kaum peria tersebut akan diberangkatkan  dari Jakarta pada 27 Mei 2019 nanti.

“Diperkirakan, pergelaran akan berlangsung pada 29 Mei hingga 1 Juni 2019,” jelas Safrudin, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues pada media ini, Kamis 06/05/2019.

Tampil diacara bergengsi tari Saman merupakan ciri khas Kabupaten Gayo Lues, sekaligus tempat lahirnya tarian tersebut. Sering waktu tari Saman bukan lagi sebagi kesenian daerah biasa namun merupakan telah menjadi warisan tak benda milik dunia. Hal ini, sesuai keputusan United Nations Edukational, Scientific and Culture Organization (UNESCO) pada 2011 lalu.

Tak hanya ditetapkan sebagai warisan dunia pada penampilan tahun itu juga tari saman mampu memecahkan rekor dunia dengan menampilkan 12.265 penari yang di pusatkan di Stadion Seribu Bukit Kabupaten Gayo Lues pada Tahun 2017.

 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close