BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Meriahkan HUT PGRI ke-78 dan HGN, Gita Melati SKOTSA Tampil Memukau

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Masyarakat Kota Bondowoso kembali mendapatkan hiburan pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-78 dan Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023. Pasalnya, Drumband SDN Kotakulon 1 (SKOTSA) turun ke jalan melakukan Karnaval, Jum’at (24/11/2023).

Tampil mengenakan seragam perpaduan putih dan sage dengan peragaan kreasi busana, berhasil mencuri perhatian peserta dan masyarakat yang memadati jalur lintasan pawai.

Kepala Sekolah (KS) SDN Kotakulon 1, Siti Syamsiah, S.Pd., menuturkan, para pemain drum band ini seluruhnya merupakan murid-murid SDN Kotakulon 1.

“Disamping menumbuhkan rasa percaya diri siswa, penampilan ini juga diharapkan memberikan edukasi dan menumbuhkan kecintaan siswa terhadap seni dan budaya Indonesia,” ungkap Syam, sapaanya.

Menurutnya, penampilan drumband SKOTSA yang dikenal dengan Gita Melati SKOTSA sangatlah relevan dengan semakin kuatnya upaya lembaga untuk menumbuhkan semangat membangun prestasi bagi anak-anak didik dan membangun karakter kreatif bagi generasi bangsa di masa depan.

“Pengembangan semangat untuk kreativitas dalam diri pelajar dan anak-anak sejak usia dini, memang harus di lakukan mulai dari lingkungan sekolah. Dalam rangka membekali para pelajar dengan budaya sportif, disiplin dan kompetitif untuk mendapatkan prestasi dalam diri setiap pelajar,” tutur Syam.

Oleh sebab itu, lanjut Syam, perlu di pahami bahwa proses pendidikan dan pembinaan Sumber Daya Sekolah (SDS) di sekolah tidak hanya melalui pengajaran tentang pengetahuan umum saja, namun pembekalan ketahanan fisik dan sikap pantang menyerah.

Selain penampilan Gita Melati SKOTSA, Parade Festival tersebut juga dimeriahkan dengan Jalan-Jalan Santai (JJS) dengan doorprize hadiah utama Mountain Bike (MTB)/Sepeda Gunung merk Tango.

“Dalam melaksanakan kegiatan ini, pihak sekolah bekerjasama dengan walimurid, pengurus paguyuban kelas, paguyuban drumband, komite dan beberapa sponsor,” tutur Syam.

Disamping mengapresiasi penampilan siswa, Syam juga mengucapkan terimakasih kepada tenaga pendidik, paguyuban, pelatih serta komite di SDN Kotakulon 1 atas kekompakan serta perjuangannya yang telah membimbing siswa/siswi sehingga tampil memukai pada HUT PGRI ke-78 dan HGN 2023.

Festival Parade drumband Gita Melati SKOTSA dan JJS dipusatkan di halaman SKOTSA dengan rute Gerbong Maut, Jl. Letkol Sudiono, Jl. PB Sudirman, Jl. Teuku Umar, Jl. RE. Martadinata dan finish di SKOTSA.

Di jalan dikawal oleh Patwal Polres Bondowoso dan dihadiri oleh warga SDN Kotakulon 1 serta seluruh stakeholder terkait. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button