ACEHDaerahLifestyle

Meriahkan Hut RI ke 74, Petani Sawah Gelar Kompetisi Sepek Bola Lumpur

image_pdf

BeritaNasional.ID, Meulaboh – Sedikitnya 15 tim perwakilan dari 12 kecamatan di Aceh Barat ikut meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-74 Kodim 0105 Aceh Barat, menggelar turnamen sepakbola lumpur antar kelompok tani yang berlangsung di Gampong Peunaga Paya, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Kamis (15/8/19).

Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Kav. Nurul Diyanto mengatakan, turnamen sepak bola lumpur dilakukan dalam rangka memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI ke 74, dengan cara melibatkan seluruh kelompok tani wilayah binaan Kodim setempat.

“Ini bagian dari rasa syukur kita kepada tuhan yang maha Esa. Kita memperingatinya dengan menggelar lomba yang menyatu dengan pertanian” kata Dandim.

Selain itu, menurut Dandim kegiatan tersebut juga untuk mensosialisasikan program-program kreatif baik antar sesama kelompok tani maupun program yang dilakukan oleh Dinas Pertanian setempat.

“Yang jelas ini untuk meningkatan semangat persatuan dan kebersamaan dalam memajukan pertanian di Aceh Barat” ujar Dandim.

Dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun media ini, olahraga tradisional itu, sebenarnya telah lama ada di Aceh, bahkan sejumlah kegiatan lain juga kerap dilakukan oleh masyarakat, seperti main layang layang, mengembala ternak kerbau atau sering disebut musem luah blang (masa luas area sawah-read).

Namun, sejak satu dekade berlalu kegiatan terdebut kerab ditinggalkan maayarakat, karena telah berubah pola kehidupan masyatakat di pendesaan. Kini sejumlah kegiatan trandional mulai digalakkan kembali, termasuk kegiatan kegiatan di lingkungan masyarakat yang dahulu rutin dilakukan. (Alan)

Author: Dahlan Alan

Show More

Related Articles

Back to top button
Close