Daerah

Merlan: Penurunan Angka Stunting di Bone Bolango Adalah Tanggung Jawab Semua Pihak

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, menegaskan bahwa penurunan angka Stunting di Kabupaten Bone Bolango harus diikuti dengan intervensi yang serius.

Sebagai Ketua Tim Percepatan Penanggulangan Stunting, Merlan menekankan pentingnya intervensi masalah stunting, mengingat APBD Bone Bolango masih belum mencukupi untuk mengatasi masalah tersebut. Akibatnya, sekolah di Kabupaten Bone Bolango harus mengandalkan anggaran negara untuk melaksanakan program stunting.

“Kita paksakan ini harus turun, dan secara ekonomi kita tidak mampu makanya saya bilang kita jangan fokus di angka tapi intervensi tidak ada, kita ini baru sadar penurunan stunting dan kemiskinan memang dari ABPD kita ini tidak ada, semua dari APBN,”ungkap Merlan saat memimpin rapat analisis situasi dan koordinasi tingkat kabupaten yang digelar di ruang rapat Wakil Bupati, Kamis (04/05/2023).

Merlan juga menegaskan bahwa penanggulangan stunting bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak terkait yang harus bekerja sama dan mencapai sinergi. Dia menekankan bahwa kecuali intervensi serius dilakukan, generasi mendatang akan menderita konsekuensi dari pengabaian saat ini.

“Maksud saya begini, kita juga jangan hanya aktif dan terfokus di data melalui ukur ulang, tetapi tanpa intervensi karena yang rugi kita, generasi kita, kalau kita fokus mengejar angka ini turun kemudian intervensi sama sekali tidak kita lakukan, yang rugi ini anak-anak kita,”tegasnya.

Dalam rangka menurunkan stunting dan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Bone Bolango Merlan menargetkan tercapainya zero stunting di wilayah tersebut. Oleh karena itu, ia berharap semua pihak terkait dapat bekerja sama untuk mengatasi masalah ini guna menciptakan generasi yang sukses di masa depan. (Tian – Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button