AdvedtorialBone Bolango

Merlan Uloli Jalani Prosesi Adat Moloopu sebagai Bupati Bone Bolango

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Pasca dilantik oleh Penjabat Gubernur Gorontalo sebagai Bupati Bone Bolango pada Senin (15/1/2024), Merlan S. Uloli hari ini, Selasa (16/1/2024) menjalani proses adat Moloopu.

Upacara adat moloopu sendiri merupakan upacara penjemputan secara adat pejabat pemerintah di daerah Gorontalo dari rumah kediamannya untuk menempati rumah jabatan (Yiladia).

Pelaksanaan upacara adat moloopu memiliki makna bahwa pejabat yang dijemput (ta tiloopu) dalam melaksanakan tugas harus benar-benar menjalankannya sesuai aturan dengan tidak melanggar ketentuan adat terutama agama. Sedangkan bagi masyarakat adalah sebagai wujud pernghormatan dan memuliakan pejabat yang memangku jabatan sebagai khalifah.

Adapun yang berhak mendapatkan penghargaan Pohutu Moloopu (upacara pemuliaan) adalah Gubernur (gelar Tapulu), Bupati/Walikota (gelar Tauwa) dan Camat (gelar Wulea lo Lipu). Dengan keluarnya UU Nomor 12 Tahun 2004 dan atas kesepakatan Musyawarah Adat maka Pohutu Moloopu juga diberlakukan bagi Wakil Gubernur dan Wakil Bupati/Walikota.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button