RagamWisata

Misteri Gong Nekara Bermata Emas

SELAYAR BeritaNasiona.ID : Informasi kembali ditemukannya benda cagar budaya peninggalan purbakala berupa gong nekara yang secara tidak sengaja tersangkut jaring nelayan milik salah seorang nelayan pesisir asal Pulau Jampea saat sedang melaut dengan menggunakan jaring, sontak membuat geger warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.

Ikhwal penemuan gong nekara ini bermula, saat salah seorang nelayan pesisir Pulau Jampea turun ke laut untuk mencari ikan dengan menggunakan alat bantu jaring. Namun, jaring milik sang nelayan tersebut tiba-tiba saja tersangkut pada sebuah benda keras berbeban  berat di dasar laut.

Tanpa pikir panjang, nelayan bersangkutan pun langsung nyemplung ke dasar laut untuk melepaskan jaringnya yang tersangkut. Berselang beberapa menit kemudian, sang nelayan kaget bukan kepalang, saat melihat jaringnya tersangkut pada sebuah benda yang menyerupai gong nekara.

Berawal dari peristiwa itu, nelayan bersangkutan pun langsung bergerak cepat mengevakuasi dan menyelamatkan gong nekara temuannya itu ke darat. Setelah sempat didiamkan selama beberapa bulan, berhembus informasi, bila nelayan bersangkutan, akan menjual barang temuannya dengan harga Rp. 40.000.000,-.

Tidak  berselang lama, informasi penemuan dan rencana penjualan gong ini sampai ke telinga aparat Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar. Mendasari informasi itu, bidang seni dan purbakala (sepur, red) Disbudpar setempat, langsung mengambil tindakan  membentuk tim pencari fakta untuk menelusuri informasi keberadaan benda cagar budaya temuan nelayan asal Pulau Jampea tersebut.(fadly /soel)

Show More

Related Articles

Close