Enrekang

Momentum Hari Lahir Pancasila, Pemda Enrekang Ikut Upacara Bersama Presiden secara Daring

 

Beritanasional.ID, ENREKANG – Pemerintah Kabupaten Enrekang yang yang dipimpin Wakil Bupati Enrekang Asman beserta pejabat eselon 2 dan seluruh Camat se Kabupaten Enrekang mengukuti upacara Peringatan hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara daring

Wakil Bupati Enrekang Asman beserta Jajaran hadir menggunakan pakaian adat Massenrenpulu bertempat dipendopo rujab Bupati Enrekang, Rabu, 1 Juni 2022.

Selain itu hadir juga jajaran Forkopimda Tingkat Kabupaten Enrekang seperti Ketua DPRD Enrekang Idris Sadik, Dandim 1419 Enrekang Letkol. Inf. Arie Sutanto, Kapolres Enrekang AKBP Arief Doddy Suryawan

Tampak hadir juga Ketua Pengadilan Negeri Enrekang Ari Prabowo serta Kajari Enrekang Slamet Haryanto.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Lapangan Pancasila Ende, NTT.

Presiden Jokowi didampingi oleh Iriana Joko Widodo dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat di NTT, Rabu (1/6/2022). Sebelum menuju ke Lapangan Pancasila Ende, Jokowi terlebih dahulu mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende.

Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo menyampaikan agar membumikan pancasila serta mengaltuslisasikan nilai pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

“Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Presiden dalam amanatnya

Presiden pun meminta agar seluruh komponen bangsa dapat menjiwai pancasila dalam setiap interaksi sesama anak bangsa.

“Inilah tugas kita bersama. Tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya dan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah,” kata Presiden.

Pada akhir amanatnya, Presiden mengajak seluruh pemimpin pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para pemimpin lain untuk menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai Pancasila.

“Memperkokoh nilai Pancasila, mewujudkan Indonesia maju dan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” kata Presiden menutup amanatnya.

Dalam upacara ini, yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Inf Tunjung Setyabudi. Upacara itu juga diikuti oleh TNI-Polri hingga para pelajar. (Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button