DaerahSosialSUMUT

Momentum HKN ke-58 Dinkes P2KB Batu Bara Terus Berikan Pengobatan Gratis ke Masyarakat

BeritaNasional.ID, Batu Bara Sumut – Dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di tahun 2022, Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Batu Bara jadikan sebagai momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah prilaku hidup sehat, serta melakukan pemantauan terhadap masyarakat rentan khususnya kepada anak-anak yang dimulai dari sejak dini atau masa kehamilan.

Kali ini Dinkes P2KB bersama Puskesmas Pagurawan melakukan pelayanan kesehatan pengobatan gratis di Desa Sei Buah Keras Kecamatan Medang Deras, Jum’at (11/11/2022).

“Dengan demikian kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia khususnya di Kabupaten Batu Bara dapat lebih unggul di masa mendatang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan P2KB drg. Wahid Khusyairi, MM saat dikonfirmasi.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat di Kabupaten Batu Bara agar tetap waspada terhadap masalah Covid-19, dan diharapkan Vaksinasi Booster Masyarakat dapat dilaksanakan sesuai target yang telah direncanakan.

Sedangkan tujuan dari pemantauan dan pelayanan pengobatan gratis yang dilakukan Pemerintah melalui Dinkes P2KB Batu Bara ini untuk menigkatkan akses (jangkauan) pelayanan kesehatan masyarakat kepada masyarakat terpencil dan rentan penyakit.

Kemudian meningkatkan capaian Vaksinasi Booster Covid-19 dan Peserta Akseptor KB dan program kesehatan lainnya. Agar lebih meningktkan partisipasi masyarakat dalam upaya kesehatan yang bersumber dari masyarakat itu sendiri.

Adapun hasil dari pelayanan pengobatan gratis di Desa Sei Buah Keras Kecamatan Medang Deras berjumlah 156 orang dengan masing-masing pelayanan.

Selain itu tim kesehatan Puskesmas Pagurawan juga turun memantau kondisi Dusun per Dusun di Desa Sei Buah Keras yang terkena dampak banjir, walaupun demikian mereka tetap turun ke posko kesehatan setempat.

“Tidak hanya pelayanan kesehatan saja yang diberikan oleh tim kesehatan, tetapi merek juga memberikan pelayanan secara edukasi melalui media layar/vidio, seputaran informasi tentang kesehatan sebagai media penyampaian kepada masyarakat yang sedang mengantri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelas drg Wahid.

Dengan adanya kegiatan ini, Bupati Batu Bara Ir. Zahir, M. Ap melalui Kadis Kesehatan drg Wahid berharap agar dapat meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata pembangunan kesehatan yang harus terus diperjuangkan oleh seluruh komponen bangsa dan meningkatkan peran aktif Organisasi Profesi Kesehatan dalam pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia sehat. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button