ACEH

MTQ Tingkat Provinsi Aceh Dibuka, Nova Berharap Jadi Motivasi Semangat Baca Alquran bagi Masyarakat

Syamsuddin Mahmud Ikut Buka MTQ

image_pdf

Beritanasional.Id, Sigli – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah berharap momentum pelaksanaan Musabaqah Tilawatil quran tingkat Provinsi Aceh di Sigli, Kabupaten Pidie- Aceh tahun 2019 mampu menumbuhkan efek positif bagi masyarakat.

“Pelaksanaan MTQ jangan dilihat sebagai agenda rutinitas pemerintah dan seremonea semata, tapi hendaknya dapat menjadi motovasi dalam mengalakkan minat baca Alquran bagi masyarakat, dalam rangka meningkatkan keimanan dan mencegah kebatilan,” kata Nova Iriansyah dalam sambutannya, Sabtu malam (21/9/19) di Area Pelaksanaan MTQ ke 34 tingkat Provinsi Aceh tahun 2019.

Nova berpesan, melalui pelaksanaan MTQ tersebut dapat menumbuhkan semangat untuk membaca Alquran bagi masyarakat Aceh, selaku daerah yang telah diberikan kebebasan penerapan Syariat islam satu satunya di Indonesia.

Menurut kader demokrat ini, apa yang terjadi selama ini terhadap generasi muda Nanggroe syariat cukup memprihatinkan, dimana Alquran mulai ditinggalkan, masyarakat sudah disibukkan oleh kemajuan tehnologi dan berbagai sajian bahan bacaan selain Alquran yang terkadang sama sekali tidak ada manfaatnya. Pengaruh perkembangan zaman sudah merasuk masyarakat, sehingga terkadang kewajiban membaca dan memahami Alquran secara benar dan sungguh sungguh mulai terlupakan.

“Patut kita bersama prihatin berbagai peristiwa yang terjadi, tidak terlepas dari akibat jaraknya diri dengan Alquran dan pengamalannya,” Ujar Nova.

Nova berharap even MTQ tersebut juga tidak dianggap sekedar kegiatan rutinitas pemerintah dan hanya sekedar aktifitas seremonea semata, tapi dapat dilihat lebih kepada keseriusan pemerintah dalam meingkatkan kapasitas masyarakat dalam soal Agama Islam.

“Kegiatan ini juga sudah pernah dilaksankaan di masa Rasulullah, mungkin cara yang berbeda dan membaca Alquran dengan merdu merupakan ibadah,” terang Plt Gubernur Aceh ini lagi

Diujung sambutannya Nova mengajak semua pihak untuk menyukseskan MTQ ke 34 ini, sehingga dapat membuktikan jika Aceh adalah daerah yang syariat islam sebagaimana keistimewaan yang diberikan pemerintah pusat.

Syamsuddin Mahmud Ikut Buka MTQ

Usai memberikan sambutan pembukaan, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, membuka langsung MTQ ke 34 tahun 2019 yang ditandai dengan penekanan tombol serine pertanda dimulainya pelaksanan MTQ terdebut.

Keculi, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga tampak ikut serta mantan Gubernur Aceh Syamsuddin Mahmud, Wali Nanggroe Aceh Darussalam, Malik Mahmud Al Haythar, Kadis Syariat Islam Aceh, anggota DPR Aceh dan Bupati Pidie. (Alan).

Author: Dahlan Alan

Show More

Related Articles

Back to top button
Close