LiterasiMakassarNasionalPemkab WajoPendidikanRagamSulawesiWajo

Muhammad Ardiansah Putra Daerah Wajo Akan Wakili Sulsel di Duta Kesehatan Indonesia 2023

Sosok sederhana Muhammad Ardiansah salah satu putra daerah terbaik Kabupaten Wajo akan bersaing mewakili Sulawesi Selatan (Sulsel) di level nasional pada ajang pemilihan Duta Kesehatan Indonesdia 2023 di Jakarta pada bulan Mei mendatang. Diketahui sebelumnya, ddia juga merupakan finalis Duta Pariwisata Indonesdia 2022 Kalimantan Utara. Ardi, sebagai nama panggilan sehari-harinya menceritakan bahwa, selain sebagai pendiri organisasi relawan yaitu Nusantara Maju.id, dia juga menjalankan program kesehatan seperti forum diskusi, trauma healing, fundraising dan program berbagi makanan sehat.

Proses ini dilakoni tidak dengan instan karena dia juga menceritakan bahwa sudah beberapa kali terjun langsung di wilayah bencana alam dan melihat langsung kondisi lapangan dan bekerja secara sukarelawan untuk kemanusian dan kesehatan. Tentunya dalam berkontribusi untuk daerah dan negara tercinta tidak akan pernah mengurangi semangatnya meskipun terlahir dan berasal dari pedesaan yang memiliki banyak keterbatasan akses dan fasilitas.

Ardi justru menjadikan keterbatasan tersebut sebagai motivasi untuk selalu menjadi orang yang berpikir maju dalam menghadapi pelbagai macam tantangan di era disrupsi dan stigma sosial, sehingga tidak hanya aktif pada kegdiatan nasional, tapi dia juga menjalin hubungan yang baik dengan pemuda internasional dari pelbagai negara dengan mengikuti program forum diskusi atau konfrensi internasional yang biasanya membahas isu-isu kesehatan secara global.

Menurut Ardi, ini adalah tanggung jawab yang besar karena harus membuktikan dengan semangat juang bahwasanya dalam memberikan perubahan pada ranah kesehatan harus benar-benar terjun langsung di lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat untuk mendapatkan data sebagai acuan dalam melahirkan solusi jangka panjang.

“Kerja-kerja kemanusiaan tentunya akan terasa ringan jika dilakukan secara bersama dan penuh keikhlasan dengan melibatkan pelbagai elemen masyarakat, sehingga sebagai Finalis Duta Kesehatan Indonesia 2023 perwakilan Sulawesi Selatan, saya akan selalu bekerja dengan mengutamakan kolaborasi, toleransi dan aksi nyata,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, jika dunia kerelawanan tidak hanya akan memberikan perubahan pada sosial masyarakat, akan tetapi bisa memberikan dampak dan perubahan positif pada diri sendiri. Menurutnya, dengan melakoni pola hidup sehat tentunya akan menjadi investasi jangka panjang untuk diri sendiri. Selain itu, edukasi kesehatan juga sangatlah penting. Mengingat Indonesia menempati urutan 13 dengan poin 38,9 berdasarkan Indeks Keamanan Kesehatan Global pada 2021 berdasarkan negara G20. Posisi ini masih terbilang sangat rendah, padahal Indonesdia memiliki peluang sangat tinggi untuk menempati posisi lima besar.

Sebagai perwakilan Sulsel, dia juga menyadari bahwa bidang kesehatan sangatlah penting dan seharusnya negara tercinta Indonesdia membuka ruang selebar-lebarnya, serta terus berkomitmen kepada generasi muda yang ingin berfokus pada ranah kesehatan karena dengan mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah dengan program beasiswa pendidikan juga akan menjadi indikator pendukung generasi emas dalam mewujudkan Indonesdia Emas 2045.

“Adapun indikator pembangunan berkelanjutan (SDGs) tentunya membutuhkan kualitas SDM yang unggul dan mampu melahirkan solusi emas, seperti pengembangan sektor kesehatan mulai dari nasional hingga lokal dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman serta bisa diakses oleh semua elemen masyarakat,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa kesehatan adalah modal yang sangat besar dan aset yang sangat penting untuk membangun kualitas SDM, dimana generasi muda dan masyarakat akan bisa beraktivitas dengan maksimal dan akan mendukung tingkat kepuasan terhadap pekerjaan karena memiliki mental yang sehat dan pola pikir yang terbuka.

“Pastinya akan selalu melahirkan kegiatan yang positif pula dengan melahirkan etos kerja dalam aktivitas sehari-sehari,” ucapnya.

Sebelumnya dia juga sudah pernah menjalankan program kolaborasi dengan Duta Kesehatan Indonesdia 2022 yang bertemakan “Di Dalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat”. Program online ini tidak hanya mendiskusikan permasalahan kesehatan yang ada di Indonesdia, tapi juga mensosialisasikan cara hidup sehat kepada seluruh lapisan masyarakat yang dimulai dari hal yang sederhana. Seperti, memakai masker agar tidak menghirup debu pada saat berkendara, bagaimana cuci tangan dengan baik dan benar dan pola tidur dan makan yang sehat. Maka akumulasi dari semua pengalamanya yang belum sempat diuraikan satu-persatu sehingga melahirkan komitmen yang tinggi untuk daerah, bangsa dan negara demi memajukan ranah kesehatan dengan melalui kerja-kerja ikhlas dan program kemanusiaan.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker