Sumatera

Rutin Konsumsi Daun Bangun-Bangun, Warga Kecamatan Medan Deli Akui Tumbuh Kembang Anaknya Meningkat

BeritaNasional.ID, Medan – Sebagai upaya menurunkan angka stunting, Kecamatan Medan Deli berinovasi dengan menghadirkan Pota Ceting (Pojok Tanaman Cegah Stunting) berupa budidaya tanaman daun bangun-bangun yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan air susu ibu (ASI) bagi balitanya.

Manfaat dari daun bangun-bangun ini dirasakan langsung oleh salah seorang warga Kecamatan Medan Deli Amelia. Dirinya mengaku semenjak rutin mengkonsumsi daun bangun-bangun produksi ASI nya semakin banyak sehingga tumbuh kembang anaknyapun semakin meningkat.

“Banyak manfaat yang saya rasakan semenjak mengkonsumsi daun bangun-bangun ini, ASI saya semakin bertambah dan anak saya juga semakin sehat. Di usia anak saya yang baru empat bulan beratnya sudah mencapai 7.5 kg,” ungkap Amelia.

Sehari-hari Amelia mengkonsumsi daun bangun-bangun ini dengan cara diolah menjadi gulai, cemilan ataupun direbus. Menurutnya produksi ASI nya terus bertambah sehingga dirinya tidak lagi perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli susu formula untuk balitanya.

“Semenjak lahiran saya sudah rutin mengkonsumsi daun bangun-bangun ini hampir setiap hari diolah menjadi berbagai masakan, hasilnya ASI saya terus bertambah terus menerus, saya tidak perlu lagi membeli susu formula untuk balita saya. Jadi membantu ekonomi saya juga,” ungkapnya.

Untuk itu Amelia mengajak ibu-ibu lainya untuk mengkonsumsi daun bangun-bangun karena sangat berdampak baik bagi kesehatan anak.

“Mari kita rutin mengkonsumsi daun bangun-bangun untuk meningkatkan ASI kita. Anak manjadi sehat, aktif dan ceria,” ajaknya.

Sementara itu Camat Medan Deli Indra Utama menjelaskan bahwa Pota Ceting (Pojok Tanaman Cegah Stunting) ini merupakan inovasi dari Kecamatan Medan Deli sebagai upaya dalam menurunkan angka anak penderita stunting. Dengan memanfaatkan lahan seluas 5×40 Meter, Kecamatan Medan Deli berhasil membudidayakan tanaman daun bangun-bangun yang diketahui sangat bermanfaat untuk ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan air susu ibu (ASI) bagi bayinya.

“Sesuai arahan dari Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution, kami berinovasi membuat Pota Ceting ini. Dilokasi ini kami menanam daun bangun-bangun yang manfaatnya sangat baik untuk ibu menyusui dalam memenuhi gizi balitanya,” kata Indra Utama. (Kiel)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button