Nasional

MUI Bersama KPI Pantau Penyiaran Program Televisi Di Bulan Ramadhan

BeritaNasional.ID Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memantau tayangan selama 10 hari Ramadan 2018. Beberapa program dinilai masih tidak sejalan dengan tema Ramadan.

“Program berlabel atau terkait Ramadan masih banyak ditemukan yang isinya, gaya pembawaannya, dan pilihan waktu tampilannya, tidak sejalan dengan spirit Ramadan,” kata Komisi Penelitian dan Pengkajian MUI, Rida Hesti Ratnasari di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2018).

Rida menjelaskan, tayangan yang masih melanggar terjadi pada program komedi, tayangan live, atau program konser musik, dan sinetron.

“Trio Trans TV, Trans 7, dan ANTV masih mendominasi program yang paling banyak dikritik. Ini disayangkan, karena Trans Corp sebenarnya juga memproduksi sejumlah
program positif,” ujar Rida.

Selain itu, kualitas pemilihan pendakwah agama, masih perlu terus dievaluasi. Satu sisi, ada upaya dunia TV untuk merekrut mubaligh baru dengan mengedepankan aspek kompetensi dan integritas.

“Masih ditemukan beberapa pendakwah agama yang tidak terlalu jelas rekam jejak kompetensinya. Tayangan lebih dikedepankan aspek daya hibur sang figur,” imbuh Rida.

Sementara, Komisioner Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI, Nuning Rodiyah mengatakan, telah memantau tayangan televisi selama 15 hari. Dalam catatan KPI konten yang dilanggar adalah norma kesopanan, kekerasan dan bullying.

“Meski berkurang, tapi muncul di sejumlah program dengan embel-embel Ramadan,” ucap Nuning.

Meski demikian, selama 15 hari pertama progam siaran Ramadan 2018 telah mengalami peningkatan kuantitas dan kualitas dibanding tahun 2017. Nuning juga meminta agar stasiun televisi untuk menjaga tayangannya dari potensi pelanggaran.

“KPI meminta kepada lembaga penyiaran untuk melakukan evaluasi atas pelanggaran dan seluruh potensi pelanggaran yang dilakukan selama Ramadan,” tukas Nuning. (dki1/bn.id)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button