Nasional

MUI Dukung Kemenag Nama – Nama 200 Mubalig

BeritaNasional.ID Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama merilis daftar nama mubalig. Menurutnya, hal itu sebagai pencegahan terhadap munculnya penceramah radikal.

“Ini diperlukan untuk penertiban. Masa ada yang hanya bisa maki-maki kemudian jadi mubalig,” kata Ma’ruf di sela pertemuannya dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor MUI, Jakarta, Selasa (22/5/218).

Dia mengatakan MUI akan segera mengundang perwakilan ormas Islam dan mubalig untuk membahas persoalan tersebut. Sehingga, bisa muncul penceramah yang baik atau tidak asal-asalan.

Nantinya, kata Ma’ruf, MUI akan menjadi pihak yang memverifikasi nama-nama mubalig itu atas usulan dari Kemenag.

“Silakan Kemenag membuat rilis nama mubalig, tentunya sama dengan apa yang direkomendasikan oleh MUI. Nah, bagi yang tidak mau namanya dirilis dan diverifikasi oleh MUI juga nggak apa-apa,” kata dia.

Menag Lukman mengatakan rilis 200 nama mubalig itu sesuai aspirasi dari sejumlah ormas Islam, tokoh agama, perguruan tinggi keagamaan Islam dan masjid. Aspirasi itu meminta Kementerian Agama nama-nama mubalig untuk mengisi tausiah di bulan Ramadan.

“Kami sudah membayangkan jika rilis nama mubalig ini akan dilematis karena tidak semuanya bisa diakomodasi. Namun, di satu sisi, kami juga harus melayani kebutuhan umat. Nah, ke depan, kami ingin nama-nama yang dirilis Kemenag itu terlebih dahulu direkomendasi oleh MUI,” kata Lukman. (dki1/bn.id)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button