ACEH

Mursil : Melalui Klaster Budidaya Udang Vannamei Kejayaan Udang di Aceh Tamiang Kembali Bangkit

BERITANASIONAL.ID | ACEH TAMIANG – Melalui Klaster Budidaya Udang Vannamei Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia kejayaan Aceh Tamiang sebagai penghasilan Udang akan kembali terwujud.

“Pada tahun 1998-an dari Aceh Tamiang pernah mengalami kejayaan sebagai penghasil Udang.  Melalui Program Klaster Budidaya Udang Vannamei Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia kejayaan Aceh Tamiang sebagai penghasilan Udang akan kembali kita wujudkan,” ungkap Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil SH.M.Kn saat melakukan peninjauan Pembangunan Kontruksi Klaster Udang Vannamei di Kampung Dagang Setia Kecamatan Manyak Payed, Sabtu (11/9/2021).

Pada kesempatan tersebut Mursil berpesan kepada Kelompok Budidaya Ikan (Podakan) Minah Jaya Tamiang Kampung Dagang Setia agar nantinya dapat menjalankan Budidaya Udang Vannamei ini dengan sebaik – sebaiknya.

“Gunakan kesempatan ini sebaik – baiknya, melalui Program Klaster Budidaya Udang Vannamei Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia jadikan daerah ini sebagai penghasil udang yang terbaik,” harap Mursil.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan,  Kelautan dan Perikanan Aceh Tamiang, Safuan yang ikut hadir dalam peninjauan mengatakan Klaster Budidaya Udang Vannamei ini merupakan bantuan Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

” Bulan April lalu Pemerintah Aceh Tamiang sudah melakukan Penandatanganan MoU) dengan Ditjen Perikanan Budidaya KKP di Bandung, Jawa Barat. Alhamdulillah saat ini sedang pelaksanaan kontruksi untuk tambaknya,” sebut Safuan.

Safuan menambahkan bantuan dari Ditjen Perikanan Budidaya KKP ini seluas 8 hektar lengkap dengan berbagai sarana pendukung.

Kemudian Safuan merincikan dalam kontruksi Klaster Budidaya Udang Vannamei ini kelompok menerima pembangunan kontruksi diantaranya Pembangunan Tandon Air Penampung Utama,  Tandon Air Stril 1 dan 2, Tambak Cluster, Resevoir 1 dan 2, Saluran Pembuangan, Rumah Jaga,  Gudang Ginset,  Gudang Pakan,  Rumah Bangsal, Ipal dan Kolam Existing.

” Jadi dalam pengembangan Budidaya Udang Vannamei ini ada 11 Tambak Cluster. Setiap tambaknya berukuran 40 x 50 meter (2.000 M²). Total bibit yang akan ditebar di 11 Tambak Cluster yaitu sebanyak 2 juta bibit,” sebut Safuan.

Safuan menjelaskan pelaksanaan kontruksi budidaya ini akan diselesaikan pada akhir bulan September dan penebaran bibit akan dilaksanakan pada bulan pertengahan Oktober 2021.

“Dalam budidaya ini Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mina Jaya Tamiang Kampung Dagang Setia Kecamatan Manyak Payed sebagai penerimanya.  Kelompok ini berjumlahkan anggotanya sebanyak 20 orang,” jelasnya mengakhiri. []

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button